PSSI Buka Suara Terkait Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia di HAKI Milik Pribadi

Du penggawa timnas Indonesia, Justin Hubner (kiri) dan Egy Maulana. Foto: PSSI

apakabar.co.id, JAKARTA – PSSI buka suara terkait heboh Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia Produk Erspo di HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) atas nama CEO Erspo, Muhammad Sadad.

Pemberitaan heboh ini setelah Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia Produk Erspo tercantum di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia, atas nama Muhammad Sadad dan PSSI.

Begitu juga dengan Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia Produk Mills atas nama PSSI.

Desainer Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia Produk Mills, Fajar Ramadhan mempertanyakan hal itu di akun X pribadinya. 

Menurutnya, Logo Garuda di Jersey Timnas Indonesia Produk Mills, merupakan karya dirinya bersama team creative Mills.

Fajar pun berpendapat bahwa Logo Garuda merupakan lambang negara yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Lalu Berdasarkan Pasal 21 ayat (2) huruf b UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis, adanya pelarangan bahwa lambang negara tidak boleh di-HAKI.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memberikan penjelasan mengenai proses bagaimana Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia Produk Erspo bisa di HAKI. 

Ia mengakui pihak Erspo memang awalnya mendaftarkan logo tersebut atas nama Muhammad Sadad dan PSSI sebagai bagian proses. 

Namun pada bulan keempat, PSSI akan meminta hak itu. “Jadi tidak bermasalah. Justru, kepengurusan PSSI sekarang yang mengambil itu semua,” ucap Arya dalam pernyataan resminya, Kamis (20/6).

Selain itu, Arya menambahkan lambang Garuda di jersey apparel lama juga dimiliki Erspo. Namun, PSSI sudah mengambil dari pihak sana. 

“Jadi, semua itu bertahap, tak usah heran kalau atas nama pribadi karena dahulu di awal-awal didaftarkan oleh timnya Sadad untuk Sadad dan PSSI,” lanjutnya. 

Kini, PSSI sedang berusaha untuk kembali meminta HAKI Logo Garuda Jersey Timnas Indonesia di produk Erspo.

“Tidak perlu diributkan dan diramaikan. Dahulu (Mills) justru lama itu dan baru sekarang kami proses dan ambil dari jersey sebelumnya,” tutupnya.

19 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *