Veddriq Leonardo Raih Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 

Atlet panjat tebing Tim Indonesia Veddriq Leonardo sukses merebut medali emas Olimpiade Paris 2024, Kamis (8/8). Foto: nocindonesia

apakabar.co.id, JAKARTA –  Atlet Panjat Tebing Veddriq Leonardo sukses mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Keberhasilan itu usai menjadi juara cabang panjat tebing nomor speed putra di Le Bourget Sport Climbing Venue, Paris, Kamis (8/8).

Pada pertandingan final, Veddriq menjadi yang tercepat usai mencatatkan waktu 4,75 detik, unggul 0,02 detik dari wakil asal China, Wu Peng (4,77 detik). 

Medali perunggu disabet Sam Watson dari Amerika Serikat setelah dalam perebutan posisi ketiga mengalahkan Reza Alipour dari Iran. Sam Watson mencatatkan waktu 4,74 detik. Sementara lawannya 4,88 detik.

Atlet panjat tebing Tim Indonesia Veddriq Leonardo (tengah) saat naik podium satu dan berhak meriah medali emas Olimpiade Paris 2024, Kamis (8/8). Foto: nocindonesia

Meski begitu, Veddriq butuh perjuangan berat sebelum meraih mencapai final. Ia harus berusaha atlet tuan rumah Bassa Mawem di perempat final. 

Di babak tersebut, atlet asal Pontianak ini menorehkan catatan waktu 4,88 detik. Sementara lawannya hanya 5,26 detik.

Pada semifinal, Veddriq berhadapan dengan Reza Alipour dari Iran. Veddrick pun mengemas tiket final setelah mencatatkan waktu 4,78 detik. Sementara lawannya hanya 4,84 detik.

Pada babak pemungkas, Veddriq harus berhadapan dengan Wu Peng. Ia melaju ke final setelah menundukkan Matteo Zurloni dari Italia pada babak perempat final dan menundukkan Sam Watson dari Amerika Serikat pada semifinal.

Indonesia mengirimkan dua atletnya pada cabang panjat tebing nomor speed putra. Namun, Rahmad Adi Mulyono gagal melangkah ke perempat final. 

Pada nomor speed putri Indonesia juga mengirim dua wakilnya, yakni Rajiah Sallsabillah dan Desak Made Made Rita Kusuma Dewi. Namun, keduanya juga gagal mendapatkan medali.

Desak Made tersingkir pada babak perempat final. Sementara Rajiah tumbang di semifinal. Pada perebutan medali perunggu dia kalah oleh wakil Polandia

48 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *