Sport  

Iqbal Gwijangge, Bek Barito Putera Jadi Top Skor Sementara Piala AFF U-19 2024 

Bek timnas Indonesia U-19, Muhammad Iqbal Gwijangge (21) saat merayakan gol ke gawang Kamboja bersama rekannya pada pertandingan Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (20/7). Foto: PSSI

apakabar.co.id, JAKARTA – Meski hanya pemain bertahan, Muhammad Iqbal Gwijangge menjadi top skor sementara di Piala AFF U-19 2024.

Gol terbarunya terjadi saat membantu skuat Garuda Muda menang 2-0 melawan Kamboja pada fase grup A di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (20/7). 

Pemain bertahan timnas Indonesia U-19 ini berhasil mencetak gol pada menit 86’ usai memanfaatkan bola liar dari tendangan sudut. 

Gol tersebut membuatnya total sudah mencetak tiga gol dalam dalam dua pertandingan di kompetisi level umur terbesar Asia Tenggara itu.

Catatan ini menyamai penyerang Malaysia Abid Safaraz yang juga mengemas tiga gol hasil dari hattrick-nya ke gawang Brunei pada pertandingan penyisihan Grup C. 

Bagi Iqbal Gwijangge, ini merupakan pencapaian yang luar biasa bisa selalu mencetak gol bersama timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024.

Bahkan, ia mengaku selalu ada keyakinan bisa mencetak gol jika maju ke depan saat ada set piece atau bola mati.

“Emang kadang juga ada feeling sebelum pertandingan, tapi yang pasti saya hanya melakukan tugas dan paling penting jangan sampai kebobolan,” kata Iqbal dikutip antara. 

Pesepak bola yang saat ini membela klub Liga 1 Indonesia Barito Putera itu berkeyakinan jika menjalankan instruksi pelatih dengan baik maka hasil yang dicapai akan maksimal.

“Main saja dan disesuaikan dengan apa yang bisa dilakukan lakukan sesuai tugas, Insya Allah menurut saya hasilnya akan mengikuti,” ucapnya.

Bahkan, untuk mencetak gol di saat ada kesempatan bola mati seperti lemparan ke dalam dan tendangan pojok, dirinya mengaku juga mengikuti instruksi dari pelatih.

“Kami ada latihan set piece bersama pelatih juga, jadi memang sudah disiapkan dan ini bagian dari strategi pelatih juga,” tuturnya.

Meskipun ada tugas khusus saat set piece, pemain kelahiran Sumedang itu tidak pernah melupakan tugasnya menjadi tembok kokoh Indonesia bersama Kadek Arel dan Buffon.

“Yang paling penting kami tetap fokus di belakang, biar tidak terjadi gol dari counter attack Kamboja,” ujarnya.

Dirinya berharap dalam pertandingan Piala AFF U-19 ini bisa terus membuat clean sheet hingga menjadi kampiun.

“Saya harap kami bisa terus clean seat sampai menjadi juara,” kata Iqbal.

Kemenangan ini sekaligus membuat Indonesia meraih 6 poin dan memuncaki klasemen sementara Grup A.

Mereka unggul tiga angka dari Timor Leste dan Filipina yang sama-sama mengoleksi tiga poin.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (23/7) pukul 19.30 WIB. 

38 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *