UMKM Dominasi Pengguna QRIS

Ilustrasi UMKM. Foto: Kemenkeu

apakabar.co.id, JAKARTA – Bank Indonesia mengungkapkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) turut mendominasi pembayaran sistem quick response code Indonesia standard (QRIS).

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Anastuty Kusumowardhani menerangkan saat ini sudah lebih 30 juta merchant telah menggunakan QRIS.

Dari total tersebut sebanyak hampir 95 persen di antaranya adalah UMKM. Berdasarkan data BI, transaksi QRIS pada triwulan II-2024 tumbuh 226,54 persen secara tahunan. Dengan jumlah pengguna mencapai 50,50 juta dan jumlah merchant 32,71 juta.

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 30,2 juta di antaranya merupakan merchant UMKM,” katanya di rangkaian Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) di Jakarta, Sabtu (3/8).

Data BI pada Juli 2024 menyebut bahwa nominal transaksi merchant UMKM pengguna QRIS telah mencapai Rp32,86 triliun pada tahun ini.

Untuk mendorong pertumbuhan UMKM, BI telah meluncurkan berbagai program. Salah satu program utama adalah mendorong UMKM untuk go digital dan go global.

Selain memperkenalkan QRIS sebagai salah satu sistem pembayaran, BI juga telah meluncurkan Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK) untuk membantu UMKM dalam membuat laporan keuangan yang terstruktur.

Dengan laporan keuangan yang baik, UMKM akan lebih mudah mendapatkan akses ke pembiayaan dari perbankan maupun lembaga keuangan.

Sementara untuk mendorong UMKM go global, Anastuty menyebut bahwa BI telah menerbitkan buku pedoman modul pengembangan ekspor guna membantu para pelaku UMKM memahami persyaratan ekspor di berbagai negara.

Selain itu, BI juga bekerja sama dengan kantor perwakilan BI di luar negeri, KBRI dan KJRI, serta kementerian terkait membuka ruang promosi bagi produk-produk UMKM di pasar luar negeri.

“Setiap tahun kami ikut beberapa event untuk meningkatkan ekspor (UMKM). Bahkan kami saat ini sudah mempunyai pameran permanen di luar negeri,” katanya.

Salah satu contoh pameran tersebut adalah Indonesia House of Beans yang memamerkan kopi Indonesia di beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat.

17 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Bethriq Kindy Arrazy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *