Lawan Saidi di Pilbub Banjar, Soraya: Tamliha Paket Lengkap

Anggota DPR RI Syaifullah Tamliha. Foto via YouTube AdaPodcast

apakabar.co.id, BANJARPilbub Banjar makin asyik. Petahana; Saidi Mansyur ditantang Legislator ulung Syaifullah Tamliha. Sejumlah politikus ikut mereaksi.

Kekinian, datang dari politikus perempuan Banjar, Soraya. Ia melempar pujian untuk Syaifullah Tamliha. Kata dia, legislator Senayan itu adalah sosok yang lengkap.

“Lengkap dari segi keilmuan, dekat dengan ulama, sarat pengalaman dan punya jaringan di tingkat nasional,” kata politikus PKS itu, Rabu (24/7).

Tamliha berlatar pendidikan sumber daya alam dan lingkungan. Di eranya, ia juga dikenal sebagai aktivis. Sepak terjangnya bahkan hingga nasional.

Anggota Komisi VIII DPR RI itu juga agamis. Ia dekat, bahkan berguru dengan sejumlah ulama besar di Kalimantan Selatan.

Politikus PPP itu juga sarat pengalaman. Sejak jadi mahasiswa, ia bergabung di berbagai organisasi. Sebut saja seperti PMII, Gerakan Pemuda Anshor dan banyak lagi. Kiprahnya menasional.

Sebagai politikus, ia orang terkemuka di PPP. Hingga pernah jadi sekjen Partai Ka’bah itu.

Karirnya sebagai legislator juga tak tanggung-tanggung. Mulai dari DPRD Kalsel, hingga 15 tahun di DPR RI. Ia punya jaringan kuat di kancah nasional.

Karena itulah Soraya punya penilaian sendiri. Bahwa Tamliha memenuhi kriteria memimpin Kabupaten Banjar. Apalagi karakteristik masyarakatnya dikenal agamis.

“Tamliha yang kita kenal selama ini adalah sosok yang tenang, matang, professional serta jauh dari kontroversial,” ucap Anggota DPRD Banjar itu.

Tekad Syaifullah Tamliha maju di Pilbub Banjar kian pasti. Sejumlah nama kandidat pasangan juga bermunculan.

Pertama adalah politikus Golkar, Antung Aman. Namun perpaduan pasangan ini meredup.

Kekinian, muncul lagi nama Dokter Diauddin. Adalah Dirut RSUD Ulin Banjarmasin. Ia asli Banjar dan berasal dari keluarga besar ulama Martapura.

Kemunculan nama itu direspons sejumlah partai pendukung. Salah satunya Gerindra. Mereka memberi sinyal positif.

“Tidak alasan bagi kami masyarakat Kabupaten Banjar untuk tidak mendukung putra daerah terbaik maju di pilbup,” kata Ketua DPC Gerindra Banjar, Muhammad Rofiqi beberapa waktu lalu.

Sejauh ini, Tamliha didukung PPP dan Gerindra. Sejumlah parpol lain, kabarnya juga melirik. Seperti Demokrat, PKS, PKB dan PAN.

Dari kubu petahana, Saidi Mansyur juga melangkah pede. Ia kembali berpasangan dengan Said Idrus, wakil bupati saat ini. NasDem membangun koalisi bersama Golkar.

“Untuk partai politik yang lainnya masih menunggu,” ungkap Ketua DPD NasDem Banjar,  Akhmad Rizanie Anshari dikutip, Kamis (25/7).

Biar tahu sekalian. Syarat parpol mengusung calon di Pilbub Banjar, minimal punya sembilan kursi di parlemen. Jika melihat skema di atas, kedua kandidat sudah mencukupinya.

Bersama PPP dan Gerindra, Tamliha sudah punya 13 kursi. Sementara Saidi, mengantongi 15. Artinya, keduanya sama-sama bisa melenggang ke Pilbup Banjar.

138 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Fahriadi Nur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *