Turun ke Banjarmasin, SBR Ingatkan Pentingnya UMKM

Anggota Komisi XI DPR RI Syamsul Bahri (Bang Syamsul). Foto: Ruly untuk apakabar

apakabar.co.id, BANJARMASIN – Diskusi bertema “Peran UMKM dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional” di Panti Asuhan Nurddin, Banjarmasin, Minggu (1/9) menghadirkan Syamsul Bahri, anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Kalimantan Selatan.

Politisi yang karib disapa SBR itu menegaskan pentingnya peran aktif pemerintah dalam mendukung UMKM untuk memajukan ekonomi daerah.

Ia mengatakan, pemerintah harus memastikan bahwa anggaran untuk program UMKM dikelola dengan baik. Serta diawasi dengan ketat, agar manfaatnya langsung dirasakan oleh pelaku UMKM.

Saat ini, pemerintah melaksanakan berbagai program untuk mendukung UMKM. Seperti memberikan akses permodalan melalui bank-bank tertentu dan menawarkan pelatihan untuk meningkatkan daya saing produk.

“Pemerintah akan terus mendengar aspirasi masyarakat dan memastikan bahwa program-program ini efektif dan tepat sasaran,” kata legislator dari komisi Keuangan DPR RI ini.

Salah satu contoh adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Program ini memberikan pinjaman dengan bunga subsidi. Ini memungkinkan UMKM mengembangkan usaha tanpa tertekan oleh biaya pinjaman tinggi. Selain itu, pemerintah juga menyediakan pelatihan dan pendampingan untuk membantu UMKM memasuki pasar yang lebih luas.

Syamsul Bahri menekankan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi lokal dan nasional. Dengan dukungan pemerintah, UMKM diharapkan dapat menjadi penyedia utama untuk proyek-proyek pemerintah dan sektor swasta, yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

228 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Donny Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *