apakabar.co.id, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor mencatatkan total penjualan ritel sebanyak 103.023 unit kendaraan sepanjang 2024 lalu.
Pencapain tersebut membuat merek asal Jepang ini mempertahankan posisi tiga besar sebagai penjualan terbanyak di Indonesia.
Sedangkan Toyota masih menguasai pasar mobil penumpang dengan membukukan 293.788 unit. Kemudian disusul Daihatsu di posisi kedua yang meraih 168.263 unit.
Sales & Marketing & After Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengungkapkan bahwa sepanjang 2024, pasar otomotif menghadapi tantangan dengan penurunan angka penjualan.
“Namun, kami masih berusaha untuk mempertahankan pangsa pasar hampir setara dengan tahun 2024 lalu,” ujar Billy dalam siaran resminya, Kamis (16/1).
Secara rinci, angka penjualan Honda ditopang oleh Brio dengan terjual sebanyak 53.913 unit secara retail atau berkontribusi sebanyak 52,3 persen dari total penjualan.
Di posisi kedua, ada HR-V dan WR-V menjadi dengan masing-masing mencatat penjualan sebanyak 17.865 unit dan 13.820 unit.
Kemudian, model lainnya yaitu BR-V. terjual sebanyak 11.098 unit dan All New Honda CR-V terjual 3.138 unit.
Honda Civic menjadi model sedan terlaris dengan terjual sebanyak 797 dan model sisa lainnya terjual 2.392 unit.
Strategi Honda di 2025
Billy mengatakan, untuk dapat mempertahankan posisi di pasar otomotif, pihaknya melakukan sejumlah strategi.
“Mulai dari penyegaran model, program penjualan, serta layanan purna jual berkualitas untuk mendukung kebutuhan konsumen di seluruh Indonesia,” pungkasnya.
Di awal 2025, produsen berlogo H ini merilis penyegaran New Honda City Hatchback RS, serta juga menghadirkan berbagai program penjualan.
City Hatchback RS CVT teranyar ini sudah dilengkapi dengan aerokit dan pilihan warna baru yaitu Electric Lime Metallic.
Selain itu, pada model ini juga disematkan fitur Honda Connect yang terintegrasi dengan New City Hatchback.
Teknologi ini memungkinkan pengendara bisa memantau kondisi mobil secara real-time dan memberikan pengalaman berkendara semakin canggih dan terhubung.
Di sisi lain, perusahaan yang bermarkas di Sunter, Jakarta Utara ini juga menawarkan berbagai keuntungan melalui program START ’Selamat Tahun Baru, DP & Cicilan Ringan Terjamin’.
Dalam program ini, Honda memberikan keuntungan berupa bebas biaya perawatan hingga 50.000 km atau 4 tahun melalui Paket Hemat 1 untuk pembelian Brio Satya, Brio RS, City Hatchback, hingga BR-V.
Selain itu, tersedia pula program pembiayaan yang mencakup DP ringan, cicilan terjangkau, bunga rendah, dan tenor panjang.
Masih ada juga layanan trade-in melalui Dealer Honda Certified Used Car yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.