apakabar.co.id, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) memperkenalkan jabatan presiden direktur yang baru. Shugo Watanabe menjadi Presiden Direktur PT HPM yang baru menggantikan Kotaro Shimizu.
Shugo Watanabe pertama kali bergabung dengan Honda pada tahun 2000. Sebelum ditugaskan di Indonesia, Watanabe telah ditugaskan di berbagai negara.
Pada 2007, ia bertugas di Spanyol dan kemudian kembali ke Jepang pada 2010. Selanjutnya ia bertugas di Malaysia pada 2015 dan bertugas di India pada 218.
Kemudian pada 2021 Watanabe bertugas di Amerika Serikat sebagai Vice President Auto Planning & Strategy Auto Sales sebelum menjadi President Director PT Honda Prospect Motor di tahun 2024.
Watanabe dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang strategis bagi Honda, dan dirinya merasa bangga atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin HPM menjadi perusahaan yang keberadaannya diinginkan oleh masyarakat di Tanah Air.
“Oleh karena itu, visi saya adalah untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas, dapat diandalkan serta sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” ucap Watanabe di kantor HPM, Jakarta Utara, Rabu (27/3).
Sementara itu, sekilas perjalanan karier Presiden Direktur HPM sebelumnya, Kotaro Shimizu, menjabat sejak 2022. Selama masa kepemimpinannya, Shimizu bersama dengan HPM telah meluncurkan berbagai model mobil Honda, termasuk beberapa model yang menjadi model populer saat ini.
Misalnya New Honda Brio, All New Civic Type R, dan New City. Kemudian Shimizu menghadirkan WR-V sebagai model Small SUV pertama Honda.
Sejak diluncurkan pada akhir 2022, model ini tidak hanya mendapat sambutan antusias dari konsumen di Indonesia, namun juga diterima dengan positif oleh konsumen di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara.
Selain itu, Shimizu telah memulai era elektrifikasi Honda di Indonesia dengan meluncurkan mobil hybrid dengan teknologi e:HEV melalui dua model flagshipnya yaitu All New CR-V RS e:HEV dan All New Accord RS e:HEV.
Selain meluncurkan produk hybrid, pabrikan asal Jepang ini juga mulai menerapkan elektrifikasinya di Indonesia dengan melakukan riset dan studi mengenai kendaraan listrik yang sesuai dengan infrastruktur Tanah Air.
Selama masa jabatannya, Honda telah dianugerahi berbagai penghargaan yang merupakan apresiasi untuk kualitas produk, kualitas layanan purna jual, kepuasan pelanggan, hingga pilihan favorit konsumen.
Selain menghadirkan berbagai produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan, dalam upaya mendekatkan diri kepada konsumen, Shimizu juga membawa HPM terus memperluas jaringan dealer di seluruh Indonesia.
Sejak 2022 hingga Maret 2024, Shimizu telah membuka sebanyak 33 dealer baru, sehingga menambah total dealer Honda menjadi 161 dealer dan 25 jaringan dealer.
Untuk lebih memenuhi kebutuhan konsumen, Shimizu telah melakukan inovasi dengan menghadirkan dealer mobil bekas resmi yang memiliki Honda Certified Used Car di berbagai daerah di Indonesia.
Ketika pertama kali bertugas di Indonesia sebagai bagian dari HPM, Shimizu merasa bersemangat karena dipercaya bahwa Indonesia adalah salah satu pasar Honda yang memiliki potensi besar dan penuh dengan tantangan.
“Sayangnya, saya tiba disini pada saat transisi dari pandemi, Namun, saya bersyukur atas dukungan dari teman-teman media juga, Honda mampu melewati masa-masa sulit ini,” imbuhnya.