Hasil Euro 2024: Belanda Tantang Inggris di Semifinal

Para pemain Belanda merayakan gol kemenangan atas Turki di pertandingan perempat final Euro 2024, Minggu (7/7). Foto: uefa.com

apakabar.co.id, JAKARTA – Belanda dan Inggris merebut tiket ke Semifinal Euro 2024. Keberhasilan itu usai menyingkirkan lawan-lawannya di perempat final yang berlangsung pada Minggu (7/7) dini hari WIB.

Belanda melaju ke empat besar setelah mengalahkan Turki 2-1 di Olympiastadion, Berlin, Jerman. 

Padahal, De Oranje tertinggal lebih dulu di babak pertama saat Samet Akaydin membawa Turki unggul pada menit 35’. 

Namun Belanda yang mengubah gaya permainan pada babak kedua mampu bangkit dan menyamakan kedudukan lewat gol sundulan dari Stefan de Vrij dengan memanfaatkan tendangan sudut dari Memphis Depay di menit 70’. 

Bek Belanda, Stefan De Vrij (kiri) saat menyusul bola untuk mencetak gol ke gawang Turki pada pertandingan perempat final Euro 2024, Minggu (7/7). Foto: uefa.com

Gol tersebut membuat Belanda semakin percaya diri. Alhasil, Turki mulai panik bahkan pemainnya Mert Muldur mencetak gol bunuh diri pada menit 76’. Skor 2-1 pun tetap bertahan hingga akhir pertandingan. 

Kemenangan ini membuat Belanda melaju ke semifinal untuk pertama kalinya sejak terakhir terjadi pada Euro 2004. 

Nantinya, mereka akan menghadapi Inggris yang melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Swiss melalui drama adu penalti 1-1 (5-3) di Dusseldorf Arena, Minggu (7/7) dini hari WIB. 

Sama seperti Belanda, Inggris juga tertinggal lebih dulu di pertandingan itu. Swiss unggul melalui Breel Embolo pada menit 75’.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama setelah Bukayo Salam menyamakan kedudukan di menit 80’. 

Skor 1-1 bertahan selama 120 menit sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Semua algojo Inggris, Cole Palmer, Jude Bellingham, Bukayo Saka, Ivan Toney, dan Trent Alexander-Arnold berhasil menjalankan tugasnya. 

Pemain Inggris merayakan kemenangan timnya atas Swiss lewat adu penalti pada perempat final Euro 2024, Minggu (7/7). Foto: uefa.com

Sementara eksekutor Swiss hanya Fabian Schar, Xherdan Shaqiri, dan Zeki Amdouni yang berhasil memasukan bola. Sedangkan Manuel Akanji menjadi satu-satunya penendang penalti yang gagal. 

Pertandingan semifinal Euro 2024 antara Belanda dan Inggris akan berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (11/7) pukul 02.00 WIB.

55 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *