Berkunjung ke PDIP, Anies Baswedan: Bahas Pilgub Jakarta

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjunjung ke kantor DPD PDI Perjuangan Jakarta untuk membahas berbagai hal terkait Pilkada Jakarta 2024. Foto: apakabar.co.id/ Andrew TIto

apakabar.co.id, JAKARTA – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan kunjungannya ke kantor DPD PDI Perjuangan Jakarta bertujuan untuk membahas berbagai hal terkait Pilkada Jakarta 2024.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kawasan Cakung Barat, Jakarta Timur, Sabtu 24 Agustus 2024, Anies memastikan topik pilkada merupakan salah satu pokok pembicaraan.

“Jadi, segala hal yang berhubungan dengan pilkada tentu saja kami bicarakan,” ujar Anies saat ditemui di Cakung, Sabtu (24/8).

Pada kesempatan itu, Anies menekankan bahwa diskusi yang berlangsung antara dirinya bersama para petinggi DPD PDI Perjuangan Jakarta bukanlah sebuah keputusan akhir. Masih dibutuhkan banyak komunikasi yang intens untuk mencari titik temu terbaik.

Berkunjung ke PDIP, Anies Baswedan: Bahas Pilgub Jakarta

Anies juga menggarisbawahi bahwa baik dirinya maupun DPD PDI Perjuangan Jakarta, saat ini masih dalam posisi menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Karena semua keputusan terkait pemilukada ada di tangan DPP PDI Perjuangan.

“Saat ini, kita semua masih menunggu apa yang akan diputuskan oleh DPP PDIP. Jadi, dalam pertemuan tadi, sama sekali tidak ada pembicaraan mengenai keputusan, langkah, atau hal-hal semacam itu, karena semua keputusan berada di luar wewenang kami,” terang Anies.

Meskipun belum ada keputusan yang diambil, Anies dan jajaran DPD PDI Perjuangan Jakarta tetap meluangkan waktu untuk berdiskusi tentang masa depan Jakarta, khususnya, dan Indonesia dalam arti yang lebih luas.

Anies menekankan tentang pentingnya menjaga dan mengembangkan pemikiran kebangsaan yang diwariskan oleh Bung Karno selaku proklamator kemerdekaan, yang juga ayahanda Megawati Soekarnoputri, ketua umum PDI Perjuangan.

PDIP Beri Isyarat Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

“Kami berbicara tentang masa depan Jakarta, juga tentang bagaimana pemikiran-pemikiran kebangsaan, pemikiran Bung Karno, tentang ke-Indonesiaan dan keagamaan dapat berjalan seiring menciptakan suasana yang aman dan kondusif di Jakarta,” tutur Anies.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan dirinya bergabung sebagai kader PDI Perjuangan, Anies memilih tidak memberikan jawaban pasti. Ia menyatakan segala keputusan terkait langkah politiknya akan ditentukan setelah keputusan resmi dari DPP PDI Perjuangan keluar.

“Saat ini, kami masih menunggu hingga semua keputusan dibuat. Setelah itu, kita akan tentukan langkah ke depan seperti apa,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, muncul wacana PDI Perjuangan akan memberikan dukungan kepada Anies Baswedan dalam Pilkada Jakarta 2024. Nama Anies disebut-sebut sebagai salah satu dari beberapa kandidat yang diusulkan oleh DPD PDI Perjuangan Jakarta kepada DPP, di antaranya Basuki Tjahaja Purnama, Andhika Perkasa, dan Tri Rismaharini.

Serius Ikut Pilgub Jakarta, Anies Baswedan Kunjungi DPD PDI Perjuangan

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam pidatonya di kantor DPP PDIP pada Kamis 22 Agustus 2024, menanggapi usulan tersebut. Megawati menyinggung keseriusan Anies ikut bergabung dengan PDI Perjuangan termasuk menekankan pentingnya komitmen terhadap partai.

“Dia serius nih kalau mau sama PDIP? Kalau mau sama PDIP, harus nurut ya,” ujar Megawati.

122 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *