Sport  

Pameran Olahraga DXI 2024 Dibuka, Gaungkan Wisata Bahari di Indonesia

Pameran olahraga DXI 2024 resmi dibuka hari ini, Kamis (30/5) - apakabar.co.id
Pameran olahraga DXI 2024 resmi dibuka hari ini, Kamis (30/5). Foto; apakabar.co.id/DF

apakabar.co.id, JAKARTA – Pameran olahraga ekstrem, Deep and Extreme Indonesia atau DXI 2024, resmi dibuka hari ini, Kamis (30/5). Perhelatan ini digelar selama empat hari hingga Minggu (2/6) di Hall A dan B, Jakarta Conventions Center (JCC), Senayan.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Vinsensius Jemadu menjelaskan bahwa Indonesia memiliki bentang alam yang berpotensi besar untuk perkembangan pariwisata.

“Alam Indonesia sangat diminati banyak orang luar negeri, tetapi ironinya tidak dikelola dengan baik, itulah yang menjadi tantangan saat ini,” ujar Vinsen dalam sambutannya di arena DXI 2024, JCC, Senayan.

Oleh karena itu, menurut Vinsen diperlukan langkah kolaboratif antar-stakeholders (pemangku kepentingan) guna memaksimalkan potensi wisata, khususnya wisata ekstrem di bidang bahari, yang lebih dari 65 persen merupakan laut.

“Pengembangan produk wisata ekstrem saat ini juga tengah menjadi fokus utama d pemerintahan dalam hal ini Kemenparekraf, dalam wisata minat khusus,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menyebut, produk diving (menyelam) dan sejenisnya, yang berurusan dengan bahari, merupakan wisata minat khusus berkualitas di Indonesia.

“Maka dari itu kita harapkan ini bisa digarap dengan serius, sehingga bisa betul-betul memebrikan manfaat yang besar untuk masyarakat Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Dyandra Event Solutions, Michael Bayu A Sumarijanto menambahkan industri dalam olahraga ekstrem diharapkan bisa saling mendukung dan saling berkembang ketika komunitasnya bisa membaur menjadi satu.

Indonesia memiliki garis pantai lebih panjang dan wilayah kepulauan lebih besar. Dengan kondisi ini bisa menjadi potensi besar untuk perkembangan pariwisata di Indonesia, khususnya sektor bahari.

“Tahun ini berbeeda dari event sebelumnya, akan lebih banyak olahraga ekstrem roda dua, seperti motor cross dan motor adventure, serta menghadirkan komunitas memancing,” ucapnya.

Pada DXI 2024 yang membawa tema “Edge of Tomorrow: Dive Into the Depth of Extreme Sports” menyuguhkan kepada khalayak luas bahwa olahraga ekstrem yang ada di Indonesia ini cukup beragam.

Dalam pameran ini, pengunjung bisa merasakan sejumlah aktivitas terkait olahraga ekstrem baik darat maupun laut, seperti diving, surfskate hingga test ride motor adventure.

Selain juga untuk ajang bertukar pengalaman tentang olahraga ekstrem, pameran ini juga untuk menggenjot potensi pariwisata yang ada di Indonesia.

23 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *