Timnas Indonesia Gagal Lolos, Posisi Shin Tae-yong Tak Aman?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

apakabar.co.id, JAKARTATimnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada laga terakhir grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6) pukul 19.30 WIB.

Kemenangan menjadi harga mati jika skuat Garuda ingin lolos ke babak ketiga. Saat ini Indonesia berada di posisi kedua dengan 7 poin, hanya unggul 1 angka dari Vietnam yang berada di posisi ketiga. 

Jika kalah dan Vietnam sukses mengalahkan Irak, posisi Shin Tae-yong bisa saja terancam sebagai pelatih timnas Indonesia. 

Hal itu dilihat dari PSSI belum memperpanjang kontraknya yang akan habis pada akhir Juni 2024.

Padahal, ia sempat dijanjikan mendapatkan perpanjangan kontrak setelah mewujudkan target timnas Indonesia Lolos dari fase gugur Piala Asia 2023 Qatar dan Piala Asia U-23 2024 Qatar. 

Namun melihat posisi Indonesia berada diatas bisa menembus ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kemungkinan bisa menjadi ujian terakhir untuk Shin Tae-yong diperpanjang kontraknya. 

Kondisi itu tentu membuat Shin Tae-yong mendapatkan tekanan besar. Apalagi, performa timnya juga tidak terlalu apik dalam dua laga terakhirnya. 

Skuat Garuda tanpa mencetak satu gol pun ketika imbang 0-0 dengan Tanzania dan takluk dari Irak 0-2. 

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap optimis timnya memiliki peluang lebih besar dibandingkan Vietnam lolos ke babak berikutnya. 

“Sejak awal, hanya ada tiga tim yang berpeluang lolos dari grup ini, yaitu Irak, Vietnam, dan Indonesia. Irak sudah lolos, dan kami yakin bisa mengungguli Vietnam,” ujar Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong meminta masyarakat Indonesia untuk tidak khawatir dan mendukung penuh Timnas Indonesia. 

Ia yakin dengan kerja keras dan semangat juang para pemain, Garuda akan mampu meraih hasil maksimal.

“Percayalah kepada kami. Kami akan bekerja keras dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” tegas Shin Tae-yong.

13 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *