apakabar.co.id, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan keramahtamahan (hospitality) warga Indonesia memicu kunjungan wisatawan.
Selain itu, layanan yang diberikan juga turut memuaskan wisatawan. Sehingga hal itu menjadi keunggulan pariwisata Indonesia di mata dunia.
“Hal ini begitu disurvei kenapa mereka sebagian besar 2 sampai 3 kali balik lagi ke Indonesia karena faktor pelayanan dan kepuasan para SDM kita,” ujar Sandiaga, Sabtu (30/3).
Adapun capaian kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2023 yang mencapai 11,7 juta, didorong oleh kepuasan dan pelayanan yang diterima oleh para pelancong saat berkunjung di Indonesia.
Sandiaga menilai dengan menghadirkan pelayanan dan kepuasan pada wisatawan mancanegara dapat menjadi upaya memberikan kesan terbaik.
“Hospitality adalah kekuatan pariwisata Indonesia menjamu dengan akrab, senyum, menciptakan suasana yang cair. Inilah keunggulan SDM kita,” kata dia.