213 Siswa SDN Tugu Jebres Ikut Uji Coba Makan Bergizi Gratis

Para siswa menikmati uji coba makan bergizi gratis. Foto: apakabar.co.id/ Fernando Fitusia

apakabar.co.id, JAKARTA – Sebanyak 213 siswa dari SD Negeri Tugu Jebres mengikuti uji coba makan bergizi gratis pada Kamis, (25/7).

Uji coba makan bergizi gratis tersebut diikuti oleh siswa kelas 1, 2, dan 6 pada saat jam istirahat. Kemudian untuk siswa kelas 3, 4, dan 5 diuji cobakan saat siswa datang di siang hari.

Nuning Harmini selaku Kepala SD Negeri Tugu Jebres mengaku senang dengan adanya program uji coba makan bergizi gratis. Menurutnya, program tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap anak sekolah.

Alhamdulillah makan ini cukup bergizi sudah memenuhi kadar 4 sehat 5 sempurna. Ada nasi, ayam tepung, sayuran ditambah dengan susu,” ungkap Nuning.

Nuning menilai program uji coba makan bergizi gratis sangat baik bagi anak-anak. Pasalnya akan membiasakan anak-anak untuk  makan sayuran.

“Biasanya anak-anak dibawakan dari rumah cuma nasi, mie goreng, dengan sosis. Ini mengandung 4 sehat, 5 sempurna. Menambah gizi anak-anak dan mengurangi stunting,” jelasnya.

Agar lebih optimal, Nuning menyarankan agar sayuran yang disediakan adalah sayuran yang disukai anak-anak. Seperti sayur bayem, bobor bayem atau oseng-oseng. Selain itu, cita rasanya diusahakan tidak terlalu pedas mengingat tidak semua anak menyukai makanan pedas.

Menurut Nuning, pengiriman makanan bergizi gratis tersebut melibatkan pengendara ojek online. Mereka bertugas membawa makanan dari sejumlah UMKM untuk disalurkan ke sekolah.

“Ini tadi sudah dikirim dari pihak gojek. Kami tinggal terima saja, ini juga mengangkat UMKM di sekitar SD Tugu,” paparnya.

Salah seorang siswa, Micel Dwi Christian mengaku senang dengan makanan yang disediakan. Menu uji coba makanan bergizi gratis tersebut, menurutnya cukup lengkap.

“Enak suka, lebih suka ini menu dari sekolahan. Ada sayur sama ayam. Tapi tadi makan sayurnya cuma dikit, ada buahnya juga pepaya,” terangnya.

Uji coba makan bergizi gratis ini rencananya akan diadakan selama 12 hari ke depan. Selain diadakan di SD Tugu Jebres, uji coba juga digelar di SD Sabranglor, dan SD Jagalan yang terletak di Kecamatan Jebres, Surakarta.

625 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *