EmpowerNet 2024 Hadir di ULM Banjarbaru, Bedah Tantangan Era Digital

apakabar.co.id, BANJARBARU- Kesenjangan akses telekomunikasi di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) masih menjadi problem mendasar di Indonesia. Dalam upaya mencari solusi atas tantangan ini, Bisnis Indonesia bekerja sama dengan BAKTI Kominfo akan menggelar acara Digitalks 2024 dengan tajuk utama Empowerment: Embrace the Digital Age, Lead the Change di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru pada Rabu (28/8)..

Acara ini akan menghadirkan Direktur BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar, dan Rektor ULM, Prof. Ahmad Alim Bachri, yang akan mendiskusikan langkah-langkah strategis dalam mengatasi kesenjangan digital di wilayah 3T.

Salah satu solusi utama yang akan dibahas adalah proyek ekspansi layanan internet berbasis satelit melalui SATRIA-2. Dengan kapasitas 300 Gbps, SATRIA-2 diharapkan mampu memberikan peningkatan layanan signifikan dibandingkan SATRIA-1 dan memperkuat akses konektivitas di daerah yang belum terjangkau layanan serat optik atau microwave.

Selain diskusi utama, acara ini juga akan mengulas dampak digitalisasi terhadap sektor-sektor penting seperti pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan di wilayah 3T. Digitalisasi pembelajaran di sekolah dan universitas serta sektor kesehatan diharapkan dapat mempermudah akses layanan bagi masyarakat tanpa mengurangi kualitas dan efisiensi.

 

Diramaikan dengan DigiClass

Setelah sesi Digitalks, peserta akan berkesempatan mengikuti serangkaian kelas digital atau Digiclass yang dirancang untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan digital.

Materi pertama, bertema Konten Kreatif: Dari Ide jadi Konten FYP!, akan membahas cara mengubah ide sederhana menjadi konten viral di media sosial. Peserta akan mempelajari teknik-teknik membuat konten yang dapat menarik perhatian dan masuk ke For You Page (FYP) di berbagai platform.

Materi kedua, Intip Rahasia Jadi Podcaster akan memperkenalkan peserta pada dunia podcasting yang semakin populer, mulai dari peralatan yang dibutuhkan hingga strategi menarik pendengar agar tetap setia.

Sementara itu, materi ketiga bertema Kreativitas dengan AI, Emang Bisa? akan mengeksplorasi bagaimana kecerdasan buatan (AI) dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dalam menciptakan karya-karya digital, dari pembuatan konten hingga pengolahan data.

Kombinasi antara sesi diskusi dan kelas digital ini menjadikan Digitalks 2024 sebagai acara yang tidak hanya informatif, tetapi juga memberikan alat praktis bagi peserta untuk berinovasi dan berkreasi di era digital.

41 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Donny Muslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *