News  

Heboh, Seekor Rusa Acak-acak Lingkungan Warga di Cianjur

Seekor Rusa ditangkap oleh warga dipemukiman di Cianjur, Selasa (2/7).

apakabar.co.id, CIANJUR – Seekor rusa membuat heboh usai masuk ke pemukiman warga Kampung Mandesari, Desa Pasirhalang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (2/7).

Rusa yang beratnya kurang lebih 20 kilo gram itu, akhirnya berhasil diamankan warga, setelah muncul dan berkeliaran berjam-jam di pemukiman tersebut.

Menurut Kapolsek Mande AKP Dadeng mengatakan, pihaknya belum mengetahui awal kemunculan Kijang atau muncak yang merupakan jenis rusa tertua itu.

“Setelah berkeliaran, rusa tersebut ditangkap dan diamankan oleh warga setempat,” tuturnya, Selasa (2/7).

Setelah berhasil ditangkap, rusa itu langsung dievakuasi ke tempat penangkaran rusa di komplek pendidikan Vedca, Desa Bobojong, Kecamatan Karangtengah.

“Setelah kita menerima laporan warga, kita langsung cek lokasi. Kondisinya (Kijang) sudah tertangkap dan terikat tali tambang. Usianya diperkirakan masih remaja,” jelasnya.

Pihaknya belum bisa memastikan rusa atau kijang tersebut dari mana asalnya, apakah hewan peliharaan atau dari hutan di wilayah tersebut.

“Kalai dari penangkaran rusa yang berada di Desa Bobojong lepas gak mungkin juga, soalnya kan jaraknya jauh,” ucapnya.

Sementara itu, seorang warga Dani (45), mengatakan warga sempat kesulitan untuk menangkap Kijang yang masuk ke lingkungannya. Namun akhirnya hewan tersebut tertangkap karena dijebak menggunakan tali.

“Setelah di kejar-kejar oleh warga akhirnya bisa di tangkap menggunakan tali tambang, dan memang susah karena rusa itu lincah,” terangnya.

Pihaknya mengaku, masuknya hewan rusa ke pemukiman di kampungnya warga itu merupakan kali pertama.

“Sebelumnya tidak ada, ini kali pertama. Kijang ini sempat berontak saat ditangkap warga dan akhirnya berhasil dijerat dengan jebakan tali tambang. Kemudian dievakuasi dan diserahkan ke Vedca,” tutupnya

14 kali dilihat, 3 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *