Waspada Gempa Tabalong Dirasakan hingga Banjarmasin

Gempa yang mengguncang Tabalong dirasakan hingga Banjarmasin.

Gempa dirasakan hingga Banjarmasin. apakabar/Bahaudin Qusairi

apakabar.co.id, BANJARMASIN – Gempa mengguncang Kabupaten Tabalong tadi malam, Selasa (2/4). Dirasakan oleh mayoritas warga se-Kalimantan Selatan.

Episenter atau titik gempa terletak pada koordinat 1,38° LS; 115,52° BT atau pada jarak 52 Km Barat Laut Tabalong. Data BMKG, gempa berkekuatan 2,8 magnitudo.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas ‘patahan lokal’,” ujar Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor, Karmana kepada apakabar.co.id, Rabu (3/4).

Gempa terasa hingga Banjarmasin yang berjarak 248 kilometer atau lima jam dari Tabalong. Seperti getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa.

“Ataupun pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” jelasnya.

346 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Fahriadi Nur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *