apakabar.co.id, TANGERANG – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar acara tahunan bertajuk Bodymaker Awarding 2025 di GIIAS 2025.
Acara yang dijalankan sejak 2018 ini merupakan bentuk apresiasi kepada para mitra karoseri yang telah lulus program standarisasi Hino.
Hino Bodymaker Awarding ini digelar untuk memastikan kualitas bodi kendaraan sesuai standar Hino dari sisi desain, pemasangan, inspeksi, hingga layanan purna jual.
Sales Director HMSI, Susilo Darmawan menyampaikan bahwa kualitas kendaraan Hino tidak hanya ditentukan oleh mesin dan rangka saja, tapi juga oleh hasil akhir dari proses bodi kendaraan.
“Oleh karena itu, kami sangat menghargai peran serta karoseri dalam menjaga dan menyempurnakan kualitas kendaraan kami di mata konsumen,” kata Susilo di GIIAS 2025, Senin (28/7).
Program Bodymaker Standardization ini tidak hanya menjadi bentuk evaluasi, tetapi juga pengembangan kapasitas para karoseri.
Proses penilaiannya dilakukan berdasarkan sejumlah KPI utama, yaitu desain, kepatuhan terhadap body mounting manual, proses pre delivery inspection (PDI), kelengkapan administrasi, serta kesiapan layanan after sales.
Setelah melalui proses penilaian yang ketat dan terstruktur, Hino memberikan penghargaan kepada para karoseri yang telah memenuhi seluruh kriteria tersebut.
Penghargaan ini terdiri dari tiga kategori yaitu Hino 500 Standardization, Hino Bus Standardization, dan Renewal Standardization Hino 500 dan Bus.
Sebanyak 20 karoseri terbaik berhasil meraih penghargaan Hino Bodymaker Awarding 2025 antara lain:
– CV Delima Mandiri
– CV Nugraha Mitra Sejati
– CV Surya Indah Pratama
– CV Tri Sakti
– PT Adiputro Wirasejati
– PT Adhikarya Perkasa
– PT Alfaraya Mitraniaga
– PT Gunung Mas Bersinar
– PT Laksana Bus Manufactur
– PT Mega Trukindo Utama
– PT Mekar Armada Jaya
– PT Metalindo Teknik Utama
– PT Mitra Juang Majubersama
– PT Nugraha Estetika Permai
– PT Remaja Bengkel
– PT Remaja Prima Engineering
– PT Sukses Tunggal Mandiri
– PT Sumber Karya Abadi Indonesia
– PT Tentrem Sejahtera
– PT Usaha Teknik Indonesia
20 Karoseri yang meraih penghargaan tidak hanya menerima sertifikat resmi, tetapi juga mendapatkan benefit berupa rekomendasi resmi ke jaringan dealer Hino di seluruh Indonesia.
Juga dapat akses pelatihan lanjutan dan pemanfaatan sistem digital seperti aplikasi Portal dan PDI App dari Hino.
Ke depan, Hino berencana mengembangkan kemitraan ini ke arah yang lebih strategis seperti pengembangan produk bersama dan pelatihan teknis bersertifikat yang dirancang untuk menjawab tantangan kebutuhan bisnis pelanggan.