Toyota Eco Youth Jadi Aksi Nyata Sebarkan Semangat Dekarbonisasi

Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 yang dimulai sejak April 2024 lalu, kini telah menyelesaikan tahap sosialisasi dengan menyambangi Sekolah - apakabar.co.id
Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 yang dimulai sejak April 2024 lalu, kini telah menyelesaikan tahap sosialisasi dengan menyambangi Sekolah. Foto: dok. TMMIN

apakabar.co.id, JAKARTA – Rangkaian program Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 yang dimulai sejak April 2024 lalu, kini telah menyelesaikan tahap sosialisasi dengan menyambangi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di 8 kota yang tersebar di Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Sosialisasi TEY ke-13 telah disampaikan kepada sebanyak lebih dari 2.500 siswa (online maupun offline) yang terdapat di 221 sekolah di Jakarta, Balikpapan, Makassar, Papua, Surabaya, Yogyakarta, Bali, dan Medan.

Dalam aktivitas tersebut, selain menjelaskan mengenai persyaratan proposal juga disampaikan mengenai pengurangan karbon, peran anak muda dalam aksi jaga bumi, hingga memberikan contoh berbagai aksi nyata selamatkan bumi.

Dalam aktivitas sosialisasi ini, sekolah-sekolah yang memiliki fasilitas eco gallery karena konsistensi mengikuti kompetensi Toyota Eco Youth, juga turut dikunjungi.

Setelah sosialisasi, program TEY akan dilanjutkan dengan seleksi proposal, bimbingan proyek, implementasi proyek dan mentoring, penjurian akhir, dan pengumuman pemenang.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam menyampaikan bahwa sosialisasi program TEY tidak hanya mengajak siswa mengikuti kompetisi, namun yang terpenting juga menyebarkan semangat aksi dekarbonisasi di berbagai wilayah.

“Inisiasi generasi muda sebagai kunci keberlanjutan bumi yang hijau harus diwujudkan sejak dini, sehingga menjadi kontribusi bagi akselerasi target pemerintah mengurangi emisi secara optimal di 2030 di mana emisi sudah harus flat atau tidak naik lagi, sehingga target NZE di 2060 dapat tercapai,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (5/8).

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM, Henry Tanoto mengatakan dengan adanya sosialisasi pada program TEY, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian anak muda terhadap netralitas karbon.

“Diharapkan juga dapat membangkitkan semangat mereka berkontribusi dengan aksi nyata untuk mencapai netralitas karbon, bahkan dapat mangajak orang-orang di sekitar mereka,” ujarnya.

Diinisiasikan pada 2005, Toyota Eco Youth hadir sebagai kompetisi gerakan penghijauan dan kepeduliaan lingkungan besutan Toyota Indonesia (TMMIN Indonesia dan TAM).

Program ini telah melibatkan lebih dari 1.700 partisipasi pelajar SMA atau sederajat dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal mencapai hampir 4.000.

Sebagai program yang berkesinambungan, TEY turut pula membangun eco gallery yaitu sebuah sarana pembelajaran lingkungan yang sudah ada di 32 sekolah di berbagai wilayah Indonesia.

Fasilitas eco gallery merupakan kelas tempat pembelajaran dan kegiatan yang berhubungan dengan proyek maupun inovasi perbaikan lingkungan hidup.

Program ini menjadi media partisipasi aktif mewujudkan kepeduliaan generasi penerus bangsa dalam mendukung Indonesia menuju masa depan netralitas karbon.

Komitmen ini diharapkan dapat memegang peran sebagai kunci mencapai tujuan keberlanjutan dan menjaga keberlangsungan kehidupan alam untuk generasi selanjutnya.

30 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *