apakabar.co.id, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan 15 titik Toyota Posko Siaga dan 300 Bengkel Siaga di berbagai lokasi strategis jalur mudik nasional, mulai 27 Maret hingga 6 April 2025.
Selain itu, TAM juga menyiapkan layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) yang siaga 24 jam untuk menangani situasi darurat pemudik.
Terdapat pula Toyota Mobile Service (TMS) yang membantu kebutuhan servis berkala dan perbaikan ringan kendaraan di lokasi pelanggan.
Marketing Director TAM, Jap Ernando Demily mengatakan bahwa melalui Total Ownership Experience, pihaknya selalu berusaha memberikan solusi terbaik dan menyeluruh bagi pelanggan yang sedang melakukan mudik.
“Kami mengoperasikan 15 Toyota Posko Siaga selama 24 jam penuh, dan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap buka normal di hari libur dan cuti bersama Lebaran,” ucap Ernando daam keterangannya, Kamis (27/3).
“Ada pula layanan darurat untuk semua jenis kendaraan penumpang Toyota termasuk elektrifikasi untuk memberikan rasa tenang kepada pelanggan sepanjang perjalanan,” sambungnya.
15 Toyota Posko Siaga 24 Jam

Pemilik mobil Toyota dapat melakukan general check-up kendaraan secara gratis di 15 Posko Siaga 24 jam antara 27 Maret – 6 April 2025.
Pemeriksaan kendaraan meliputi Tire, Wiper Water Level, Brake System, Oil Condition, Accu, Exterior-interior Lamp dan Undercarriage.
Dengan biaya untuk genuine part sama dengan bengkel resmi Toyota, pengunjung yang servis di Posko Siaga akan dapar benefit tambahan yakni diskon biaya jasa hingga 25 persen.
Apabila ternyata membutuhkan perbaikan lebih lama, kendaraan pelanggan akan disarankan untuk di-towing menuju bengkel resmi Toyota terdekat.
Tersedia juga fasilitas yang terdiri dari ruang istirahat dengan pendingin udara, free snack & minuman, wifi gratis, TV satelit, dan kursi pijat otomatis, bersama kids corner dan game corner.
Khusus di Toyota Posko Siaga Cikampek KM 57, pelanggan dapat memanfaatkan layanan penggantian ban mobil dan free glass cleaner selama persediaan masih ada.
Di Posko Siaga Cikampek KM57, pelanggan juga dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti mengikuti sesi edukasi untuk safety driving selama bepergian jauh.
Selain dapat beristirahat, terdapat juga display Toyota Genuine Parts yang dan merchandise yang dapat dibeli pelanggan.
Selain itu, Toyota bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan mengoperasikan Posko Siaga di area Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) selama pembatasan jam operasi truk di masa Lebaran 2025.
Lokasinya ada di UPPKB Merlung, Jambi; UPPKB Cekik, Gilimanuk – Bali; dan UPPKB Ajibarang, Banyumas – Jawa Tengah.
Ratusan Toyota Bengkel Siaga

Sejumlah 300 Toyota Bengkel Siaga yang tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia akan tetap buka sesuai jam kerja normal selama periode libur Idulfitri 2025 dan cuti bersama.
Armada Toyota Mobile Service (TMS), akan stand-by di bengkel resmi untuk mendukung mobilitas pelanggan.
Pelanggan dapat mengakses aplikasi mTOYOTA atau di website resmi mereka untuk mendapatkan informasi seputar lokasi Toyota Posko Siaga dan Toyota Bengkel Siaga.
Bisa pula chatbot Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) di nomor Whatsapp 0811-1500-315. Serta Emergency Roadside Assistance (ERA) ldi nomor telepon 1-500-898.
Fasilitas Charging Spot Toyota
Toyota telah membangun fasilitas charging spot di 113 dealer resmi yang akan terus bertambah seiring meningkatnya mobilitas BEV dan PHEV. 3 di antaranya Ultra Fast Charging (UFC).
Selain itu ada juga 5 UFC di ruang publik, seperti di Rest Area Toll KM 456A, Rest AreaToll KM 695A, Mall ASHTA SCBD, Mall Gandaria City, dan Mall of Indonesia Jakarta.
Tidak hanya charging spot, Toyota juga menyediakan privilege parking spot yang dapat digunakan seluruh pengguna kendaraan xEV Toyota di Mall tersebut.
“Ekspansi fasilitas ini memastikan pelanggan dapat bermobilitas dengan tenang dan nyaman di periode libur dan cuti bersama nasional Idul Fitri 2025,” pungkas Marketing Director TAM, Hiroyuki Oide.