apakabar.co.id, JAKARTA – Meski pasar otomotif nasional tengah mengalami kelesuan, UD Trucks Indonesia berhasil mencapai tonggak sejarah sepanjang 2024.
Capaian ini menunjukkan komitmen UD Trucks terhadap inovasi, solusi yang berpusat pada pelanggan, dan keunggulan operasional.
Selain kinerja pasar yang luar biasa hingga pengakuan global di berbagai kompetisi utama, UD Trucks juga siap membangun kesuksesan pada 2025 mendatang.
Hal tersebut juga menandai perayaan ulang tahun UD Trucks global yang ke-90 dan 50 tahun di Indonesia.
“Pencapaian tahun ini mencerminkan dedikasi perusahaan yang tak tergoyahkan terhadap kualitas, inovasi, dan keunggulan layanan dalam berkontribusi meningkatkan industri logistik Indonesia menjadi lebih efisien dan sukses,” kata Presiden UD Trucks Indonesia, Toshi Odawara saat acara Media Gathering di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/12).
Pada 2024 ini, UD Trucks meraih penjualan lebih 1.800 unit, lebih tinggi dari tahun lalu, meskipun pasar segmen heavy duty truck sedang merosot 20 persen.
Selanjutnya, peluncuran Quester dengan transmisi manual otomatis (AMT) ESCOT pada GIIAS 2024 juga diklaim menjadi pencapaian yang luar biasa.
Truk tugas berat ini hadir menjawab kebutuhan akan efisiensi bahan bakar, kenyamanan pengemudi, dan produktivitas operasional di sektor logistik dan pertambangan Indonesia.
Selaras dengan itu, Indonesia bersinar di panggung internasional dengan menang dalam dua kompetisi global, UD Trucks Extra Mile Challenge dan UD Gemba Challenge 2024 yang digelar di Jepang.
Pada kompetisi UD Extra Mile Challenge 2024 yang diselenggarakan Oktober tahun ini, pengemudi Indonesia dari PT Cakraindo International, Taufiqul Ulum berhasil memenangkan kejuaraan “Ultimate Driver” dalam kategori Quester. Bahkan ia meraih penghargaan The Most Fuel-Efficient Award.
Sedangkan pada kompetisi UD Gemba Challenge 2024 yang diselenggarakan November lalu, tim dari Astra International UD Trucks Sales Operation, “Great Mates” muncul sebagai pemenang dalam kategori Quester.
Hal itu menunjukkan keterampilan intensif, kerja sama tim dan dedikasi dalam menjaga truk pelanggan UD Trucks tetap beroperasi.
“Kemenangan para peserta Extra Mile Challenge dan Gemba Challenge tidak hanya menunjukkan keterampilan, tetapi juga semangat dan ketahanan komunitas truk Indonesia,” ungkap Odawara.
Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Office Astra UD Trucks, Winarto Martono menegaskan bahwa kemenangan pengemudi dan mekanik Indonesia di kedua ajang tersebut mencerminkan keberhasilan dalam membangun ekosistem yang kokoh, pengemudi terampil, berkendara dengan aman, dan berkomitmen terhadap keselamatan berlalu lintas.
“Ini juga didukung oleh mekanik andal yang memastikan truk memiliki daya tahan tinggi dan produktivitas optimal. Serta layanan purna jual lengkap yang memberikan ketenangan bagi pengusaha,” terang Winarto.
Perayaan HUT UD Trucks
Berkat perjalanan luar biasa di tahun ini, pasa 2025 mendatang, UD Trucks akan merayakan ulang tahun ke-90 sejak didirikan oleh Kezo Adachi pada 1935.
Hal ini juga bersamaan dengan perayaan 50 tahun UD Trucks beroperasi di Indonesia sejak 1975.
Sejak 1975, pabrikan UD Trucks telah memainkan peran penting dalam membentuk industri kendaraan komersial nasional, menyediakan solusi inovatif, dan memberdayakan masyarakat.
Dengan kehadiran global di lebih dari 60 negara, mereka berkomitmen untuk berkontribusi dalam membangun ekonomi dan industri logistrik Indonesia dengan menyediakan truk dan layanan yang dibutuhkan.
Selain itu, dari sisi produk, pabrikan ini juga akan menghadirkan beragam produk yang menarik dan selaras dengan kebutuhan industri pada tahun depan, termasuk jajaran model ESCOT lainnya.