Sport  

Solo Jadi Tuan Rumah Peparnas 2024, Gibran: Kami Sudah Siap

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (kiri) dan Menpora Dito Ariotedjo di Kantor Balai Kota Solo, Jumat (21/6). Foto: apakabar.co.id/Fernando Fitusia

apakabar.co.id, SOLO – Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 telah diputuskan pindah ke Kota Solo, Jawa Tengah, pada 6-13 Oktober mendatang.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan dengan waktu yang sangat mepet berkisar antara 5 bulan. Pihak Pemerintah Kota harus mengejar perbaikan-perbaikan minor di beberapa venue. 

“Tapi insaallah, Solo siap. Venue siap, fasilitasnya juga siap. Pengalaman kami 2 kali jadi tuan rumah Asean Paragames. Tentunya ini menjadi siap,” ujarnya usai melakukan rapat koordinasi persiapan Peparnas bersama Menpora, Dito Ariotedjo, Jumat (21/06). 

Gibran menambahkan bahwa Kota Solo sudah ramah difabel. Terbukti dari 2 kali pengalaman jadi tuan rumah Asean Paragames. 

“2 kali event tersebut sukses. Perform para atlet kita juga juara umum.  Doakan peparnas sukses,” ungkapnya. 

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo menjelaskan bahwa keputusan pemindahan penyelenggaraan peparnas ke Kota Solo ini usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi dan sesuai aspirasi dari rakernas NPC Indonesia. 

“Awalnya ada permohonan dari Sumatera Utara untuk mundur dari penyelenggaraan peparnas. Kemudian sesuai dari aspirasi dari rakernas NPC Indonesia yang memohon pemindahan dilakukan di Jawa Tengah,” jelas Menpora Dito. 

Di Jawa Tengah sendiri penyelenggaraan akan banyak dilakukan di Solo, Boyolali, Sukoharjo, dan juga Karanganyar. 

“Solo sendiri kalau tidak salah ada 14 venue. Sukoharjo dan Boyolali, kalau tidak salah per kota atau kabupaten ada 3 atau 4 venue. Semoga ini bisa menjadi event nasional untuk olahraga yang ke depan makin maju,” tandasnya.

13 kali dilihat, 2 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *