1446
1446
Tekno  

Kiat Belanja Online, Pembeli Mesti Cerdas Biar Enggak Zonk

Ilustrasi belanja online di ecommerce - apakabar.co.id
Ilustrasi belanja online di ecommerce. Foto: freepik

apakabar.co.id, JAKARTA – Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia empat tahun lalu, telah merubah aktivitas berbelanja dari tatap muka atau offline beralih menjadi belanja online.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo menjelaska bahwa berbelanja online adalah sesuatu yang normal untuk saat ini.

“Seiring teknologi yang terus berkembang, begitu juga dengan cara dan kebiasaan saat berbelanja online,” kata Ferry dikutip dari antara, Rabu (22/5).

Ferry pun memberikan sejumlah tips menjadi pembeli yang cerdas supaya pengalaman berbelanja online bisa berjalan lancar.

Pertama, ketika membuat akun, tulis alamat pengantaran dengan lengkap supaya barang bisa sampai tepat ke tempat tujuan.

Hindari mengisi kolom alamat, misalnya dengan “rumah warna biru dekat sungai” tanpa menyebutkan alamat yang lengkap.

Saat memilih barang, baca dengan teliti deskripsi produk, seperti ketika misalnya konsumen harus memilih warna atau ukuran.

Demi kebutuhan visual, ada kalanya penjual mengunggah beberapa produk dalam satu gambar, misalnya sekotak cokelat batangan.

Agar sesuai harapan, cermati dan jangan ragu bertanya apakah harga yang tertera untuk satu barang atau sekotak sekaligus.

“Sebelum membayar, pertimbangkan metode pembayaran yang paling sesuai kebutuhan,” terang Ferry.

Jika memutuskan menggunakan bayar langsung saat barang sampai, alias cash on delivery (COD), pastikan ada orang di rumah untuk membayar paket belanja.

Terakhir, jika barang tidak sesuai dengan pesanan, ajukan protes kepada penjual, bukan kurir. Sebaliknya, tanyakan ke pihak logistik ketika pengiriman terkendala.

31 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *