apakabar.co.id, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menyatakan membuka peluang dengan memperbanyak produk UMKM di gerai ritel. Hal itu dinilai strategis untuk pertumbuhan ekonomi nasional dengan omset per tahun mencapai Rp800 triliun.
Di sisi lain, hal itu juga sejalan dengan yang dicanangkan pemerintah untuk belanja dalam negeri. Karena itu, ritel yang langsung bersentuhan langsung dengan konsumen dapat menjadi wadah bagi produk UMKM. Beberapa ritel bahkan juga telah menyediakan rak khusus bagi produk UMKM.
Baca juga: Catatan Apindo soal UMKM Boleh Kelola Tambang
“Maka itu, Aprindo sebagai wadah bagi ritel siap membuka pasar bagi UMKM,” kata Ketua APRINDO Solihin dalam acara pembukaan “Holiday Sale 2025” di gerai Indomaret Fresh Drive Thru BSD City Tangerang, seperti dilansir Antara, Jumat (13/6).
Guna mendukung itu, kata Solihin, diperlukan kerja sama dan dukungan dari berbagai kementerian agar semakin banyak produk UMKM yang masuk ke ritel dengan tetap memperhatikan kualitas produk.
“Kita siapkan kurasi ke depan bagi produk UMKM agar bisa masuk ritel. Karena semua pelaku usaha ritel sudah siap menerima kehadiran produk UMKM,” jelasnya.