PT Pos Indonesia Bidik 3 Juta UMKM pada 2024

Ilustrasi UMKM. Foto: Kemenkeu

apakabar.co.id, JAKARTA – PT Pos Indonesia membidik sebanyak tiga juta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada 2024, sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

“Saat ini yang sudah terdata baik by name, address maupun produk mencapai 2,3 juta UMKM, tahun ini kami menargetkan tiga juta UMKM,” ujar Vice President Corporate Communication PT Pos Indonesia Heri Nugrahanto di Medan seperti dilansir Antara, Rabu (11/9).

Sebagai bentuk dukungan PT Pos Indonesia, pihaknya telah menyiapkan semua kantor Pos sebagai showroom UMKM. Di antaranya dengan membuat UMKM corner dan fulfillment atau tempat penyimpanan barang sementara untuk menekan biaya logistik.

Baca juga: Kampung Batik Betawi Dukung Pengembangan Pusat Oleh-Oleh dan UMKM

Pos Indonesia, kata Heri, juga membuka para pelaku UMKM untuk menjadi agen pos. Keuntungan yang didapatkan menjadi agen akan mendapatkan diskon 20 persen. Selain itu, juga bisa mengkoordinir UMKM di seputar agen tersebut.

“Jadi bisa di jemput oleh pihak pos setempat, dan juga mendapatkan diskon 10 persen lagi,” kata dia.

Syarat Menjadi Agen Pos

Sedangkan syarat untuk menjadi agen pos tersebut tidak dikenakan biaya, hanya saja harus memiliki komputer, wifi, timbangan dan lainnya sebagai tempat pendukung.

Hal ini sebagai upaya Pos Indonesia untuk memudahkan para pelaku UMKM di daerah manapun dalam mengirim barang dan lainnya kepada pembeli.

Di sisi lain, Di usianya yang ke-278 tahun, Pos Indonesia atau PosIND terus melakukan transformasi bisnis melalui berbagai inovasi layanan logistik dan kurir menjadi perusahaan logistik nasional.

Langka transformasi bisnis yang dilakukan Pos Indonesia sejalan dengan perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen.

Baca juga: Alokasi Anggaran Turun, Menkop UKM: Tantangan Memajukan UMKM

Baca juga: Kemenkop UKM Genjot Digitalisasi UMKM Sektor Produksi

Berbagai langkah transformasi yang telah dilakukan terutama pada digitalisasi produk, diversifikasi, serta penggunaan teknologi otomasi untuk menunjang layanan kurir dan logistik yang cepat dan efisien.

Pos Indonesia tak lagi hanya perusahaan kurir yang melakukan pengiriman surat atau dokumen semata, tetapi juga mencakup layanan logistik antar daerah dan negara, layanan remitansi, financial, dan lainnya.

Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh PosIND adalah membuka Pos Bloc di sejumlah kota besar di Indonesia, salah satunya yaitu Pos Bloc Medan.

Pos Bloc adalah komitmen PosIND memberikan ruang kreatif bagi masyarakat baik pelaku usaha, komunitas, dan kalangan lainnya.

17 kali dilihat, 4 kunjungan hari ini
Editor: Bethriq Kindy Arrazy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *