Partai Buruh Berharap PDIP Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengajak PDIP untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024. Foto: apakabar.co.id/ Andrew Tito

apakabar.co.id, JAKARTA – Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengajak PDI Perjuangan untuk bersama-sama mendukung Anies Baswedan sebagai calon gubernur dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Said menekankan langkah tersebut penting untuk memastikan demokrasi yang lebih sehat dan berkualitas di Indonesia.

“Partai Buruh mengharapkan PDIP mengambil peran dalam mendukung Anies Baswedan demi terciptanya demokrasi yang lebih matang,” ujar Said di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/8).

Said mengungkapkan, PDI Perjuangan perlu menunjukkan komitmennya dalam menjaga proses demokrasi yang transparan dan adil, terutama dalam pemilihan kepala daerah tahun ini.

Dianggap Pro Rakyat, Partai Buruh Dukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Meskipun begitu, ia menyerahkan sepenuhnya kepada PDI Perjuangan dalam menentukan siapa kandidat yang akan mendampingi Anies sebagai calon wakil gubernur.

“Anies sebagai calon gubernur, dan untuk calon wakil gubernur, kami serahkan kepada PDIP untuk memilih siapa pun yang mereka anggap pantas,” terang Said.

Menurutnya, dukungan PDI Perjuangan akan mencerminkan konsistensi partai tersebut dalam menjaga prinsip demokrasi, di mana setiap individu memiliki hak untuk memilih dan dipilih.

“Demokrasi harus dihormati, dan PDIP harus konsisten dengan prinsip bahwa hak memilih dan dipilih adalah hukum tertinggi,” imbuhnya.

Kawal Revisi UU Pilkada, Partai Buruh Siap Gelar Aksi di Gedung DPR

Said juga menyinggung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60 Tahun 2024 yang telah memberikan ruang lebih besar bagi partai politik dalam mencalonkan kandidat mereka sendiri.

Ia berpendapat PDI Perjuangan harus memanfaatkan peluang ini dengan bijak, termasuk mengusung kandidat yang memiliki peluang besar untuk menang.

“Kalau maju sendiri, belum tentu PDIP bisa memenangkan pemilihan ini. Ridwan Kamil kuat dengan dukungan PKS, jadi lebih baik maju dengan strategi yang lebih matang. Kami yakin PDIP bertujuan untuk menang,” paparnya.

Dalam deklarasi yang diadakan di Hotel Mega Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (2178), Sekretaris Jenderal Partai Buruh Ferri Nuzarli mengumumkan dukungan partainya terhadap Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta.

Nasdem Tarik Dukungan ke Anies, Relawan Endus Intimidasi

Ferri menyampaikan keputusan tersebut didasarkan pada aspirasi anggota dan simpatisan yang merasa dekat dengan Anies sejak ia menjabat gubernur Jakarta. Dukungan tersebut, kata Ferri, bukanlah sesuatu yang baru, melainkan kelanjutan dari hubungan yang telah terjalin lama antara Anies dan Partai Buruh.

Namun Ferri mengakui, sebagai partai non parlemen, partainya tidak memiliki kekuatan politik yang cukup untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta. Oleh karena itu, Partai Buruh perlu menjalin koalisi dengan partai politik lain untuk memastikan pencalonan Anies Baswedan.

291 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *