apakabar.co.id, JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM) bersama 19 komunitas yang bergabung di dalam Toyota Owners Club (TOC) mengadakan Jamboree ke-13 di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (30/11).
Acara bertajuk “Driving Tomorrow Together” ini dihadiri kurang lebih 500 orang anggota TOC yang terdiri dari berbagai mobil Toyota.
Ratusan orang tersebut berkolaborasi menyatukan visi bersama dalam upaya menuju carbon neutrality dengan cara yang paling berkelanjutan sesuai preferensi masing-masing.
Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, dalam hajatan akbar pertama setelah pandemi Covid-19 ini, komunitas TOC diharapkan dapat terus mendukung aktivitas motorsport Gazoo Racing. Selain itu, juga bisa lebih memanfaatkan layanan after sales.
Lebih lanjut, menurut Anton, Toyota melihat bahwa komunitas pemilik mobil memiliki peran sangat penting, di mana input mereka menjadi salah satu acuan dalam pengembangan produk di Indonesia.
“Karena itu, di setiap kegiatan komunitas termasuk Jamboree, kami berupaya untuk terus menyelaraskan visi Toyota dan TOC, supaya strategi masa depan kami dapat tersampaikan dengan baik dan memperoleh dukungan yang optimal dari komunitas,” tutur Anton.
TOC merupakan wadah berkumpul antar member komunitas yang menyatukan sesama pemilik Toyota, sekaligus menjembatani dengan TAM sebagai APM Toyota di Indonesia.
Dengan jumlah anggota yang mencapai ribuan orang dan tersebar di berbagai wilayah Indonesia, TOC jadi wahana yang tepat untuk menggaungkan Multi Pathway Strategy.
Anggota komunitas merupakan salah satu pihak yang pertama memakai kendaraan xEV Toyota dan menularkannya kepada keluarga dan masyarakat luas.
Dengan 22 opsi teknologi elektrifikasi HEV, PHEV, dan BEV, Toyota dan Lexus berhasil memimpin pasar elektrifikasi dengan market share lebih dari 40 persen.
Untuk mencapai visi Beyond Zero, TOC memiliki peran besar dalam mengamplifikasi Carbon Neutral Commitment.
Komunitas turun langsung mengedukasi para anggota lewat gerakan bersama, seperti memanfaatkan fasilitas Waste Station, Hybrid Experience mobil hybrid.
Mereka juga menjalani program dekarbonisasi seperti menanam pohon dan menggiatkan partisipasi masyarakat dalam melestarikan lingkungan.
Peran krusial TOC lainnya adalah secara aktif melaksanakan kegiatan motorsport-related seperti mendukung langsung tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), dan nonton bareng.
Selain itu juga mengikuti gathering with other community, termasuk memanfaatkan GR Garage sebagai Community Hub event motorsport dan lifestyle.
Semua anggota TOC selalu mendukung penuh lahirnya produk baru Toyota di Indonesia. Salah satunya Hilux Rangga yang baru saja meluncur pada Oktober lalu.
TAM menyediakan ekosistem yang lengkap untuk TOC, seperti jaringan 312 dealer, hingga fast moving parts T-OPT yang dapat dibeli di 37 bengkel OtoXpert atau 1.000 partner shop.
Peserta diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi fitur T-Intouch yang telah ditingkatkan kemampuannya pada New Fortuner 4×2 2.8 VRZ TSS A/T with GR Parts Aero Package.
Sistemnya menyediakan In-Car Wifi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE yang dapat dinikmati melalui Head Unit, Rear Seat Entertainment, ataupun gadget penumpang.
Terdapat juga peningkatan fitur Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui menu T Intouch di aplikasi mToyota.
Dalam Toyota Jamboree ke-13, salah satu Global Team Toyota Athletes (GTTA) dari Indonesia Ni Nengah Widiasih hadir memberikan inspirasi dan motivasi.
Apresiasi kepada Komunitas ToyotaToyota memberikan apresiasi kepada komunitas Toyota dan para penggiat di dalamnya karena telah memberikan kontribusi nyata dalam aktivitas TOC, khususnya urusan engagement dengan publik dan social media.
Berikut daftar penghargaan pada Toyota Jamboree ke-13:
1. Leader of The Year: Deny Kristianto
2. Best Media Exposure: GR Enthusiast
3. Best Social Media Contributor: AXIC