Hasil Euro 2024: Perjuangan Berat Prancis dan Portugal ke Perempat Final

Kiper Portugal, Diogo Costa saat mementahkan tendang penalti pemain Slovenia pada babak 16 besar Euro 2024, Selasa (2/7). Foto: uefa.com

apakabar.co.id, JAKARTA – Dua juara Eropa Prancis dan Portugal sama-sama membutuhkan perjuangan berat mendapatkan tiket ke perempat final Euro 2024.

Prancis mendapatkan gol kemenangan dari bunuh diri pemain lawannya, sedangkan Portugal harus menyelesaikannya dengan adu penalti untuk melaju ke babak 8 besar.

Les Bleus berhasil melenggang ke perempat final Euro 2024 usai menang tipis 1-0 atas Belgia di Duesseldorf Arena, pada Selasa (2/7) dini hari WIB.

Penyerang Prancis Randal Kolo Muani ( baju putih) saat melepaskan tendangan ke gawang Belgia dalam babak 16 besar Euro 2024, Selasa (2/7) dini hari WIB. Foto: uefa.com

Kemenangan itu berkat gol bunuh diri dari bek tengah Belgia Jan Vertonghen. 

Gol tersebut tercipta setelah kiper Belgia, Koen Casteels terkecoh tendangan yang dilepas Kolo Muani setelah berbelok menyentuh kaki Vertonghen. 

Hasil itu sudah cukup membuat Juara Euro 1984 dan 2000 itu melaju ke perempat final keenam kalinya di turnamen terbesar di Eropa tersebut. 

Sementara Portugal berhasil menang setelah melewati drama adu 0-0 (3-0) melawan Slovenia pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Selasa (2/7) dini hari WIB.

Penjaga gawang Diogo Costa menjadi pahlawan Portugal. Ia berhasil mementahkan semua tendangan dari tiga pemain pertama Slovenia ketika tiga pemain Selecao semuanya berhasil menjalankan tugasnya. 

Hasilnya, Portugal berhasil lolos ke perempat final ke tujuh kakinya di Euro, dan menjadi yang terbanyak dibandingkan negara lain. 

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo. Foto: uefa.com

Sebelumnya menjalani adu penalti, juara Euro 2016 ini sebenarnya hampir memenangkan permainan pada babak tambahan waktu. 

Kesempatan itu didapatkan usai mendapatkan hadiah tendangan penalti akibat Diogo Jota dilanggar pemain lawan di kotak terlarang.

Sayang, Cristiano Ronaldo maju sebagai algojo gagal melaksanakan tugasnya setelah tendangannya ditepis oleh Jan Oblak. 

Di perempat final, Portugal akan menghadapi Prancis di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Sabtu (6/7)  pukul 02.00 WIB.

10 kali dilihat, 10 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *