SPORT
IBL–KANKY Resmi Luncurkan Sepatu Basket Lokal Rasa Global
apakabar.co.id, JAKARTA - Indonesian Basketball League (IBL) resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan brand sepatu lokal KANKY dalam sebuah kolaborasi bertajuk “Step Into the Game”.
Kolaborasi ini menandai komitmen kedua pihak untuk memperkuat pertumbuhan ekosistem basket di Indonesia, sekaligus menghadirkan inovasi produk gaya hidup yang dekat dengan kultur basket anak muda.
Dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Kamis (11/12), Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan langkah nyata liga dalam memperluas kolaborasi dengan brand lokal yang memiliki semangat membangun olahraga basket dalam negeri.
Kanky Shoes merupakan merek sepatu sneaker lokal Indonesia yang berdiri sejak 2019, dikenal dengan desain stylish dan sempat hadir pada Paris Fashion Week (PFW) beberapa waktu lalu serta kolaborasinya dengan Staple Pigeon yang merupakan merek streetwear terkemuka dunia akan membuat gebrakan pada kancah bolabasket nasional.
“IBL melihat KANKY sebagai brand lokal yang punya visi besar terhadap perkembangan basket Indonesia. Kami ingin memastikan kolaborasi ini memberi dampak bukan hanya pada liga, tapi juga pada komunitas dan generasi basket Indonesia,” ujar Junas.
Founder KANKY, Alfonsus Ivan Kurniadi, menyampaikan bahwa hadirnya kolaborasi dengan IBL merupakan momentum penting bagi brand lokal untuk mengambil peran dalam perkembangan industri olahraga nasional.
“Ini bukan sekadar kolaborasi fashion, tapi gerakan bersama untuk membawa basket Indonesia naik kelas. Kami ingin menunjukkan bahwa brand lokal juga mampu tampil global dan menjadi bagian dari identitas basket Indonesia,” ujar Alfons, Founder KANKY.
Melalui tema “Step Into the Game”, kolaborasi ini akan diwujudkan melalui peluncuran produk kolaborasi IBL × KANKY, aktivasi komunitas, serta rangkaian program kreatif di sepanjang musim kompetisi IBL 2026.
Selain peluncuran produk kolaborasi terbatas, KANKY juga akan menjadi bagian dari berbagai kegiatan resmi IBL mulai dari game day activation, konten digital, hingga partisipasi dalam event off-court bersama komunitas basket di berbagai kota.
Kolaborasi ini diharapkan bisa memperkuat posisi olahraga basket sebagai budaya anak muda Indonesia, sekaligus membuka peluang bagi talenta dan brand lokal untuk berkembang bersama melalui platform liga profesional terbaik di Indonesia.
“Ini adalah kolaborasi dua produk lokal dengan semangat global. Kerjasama ini akan semakin menguatkan pengembangan ekosistem bolabasket Indonesia. IBL dan Kanky memiliki semangat yang sama untuk terus maju,” pungkas Junas.
Editor:
RAIKHUL AMAR
RAIKHUL AMAR

