Sport  

Inggris ke Final Euro 2024 Secara Dramatis, Southgate: Akhir Istimewa

Pelatih Inggris, Gareth Southgate merayakan timnya ke final Euro 2024, Kamis (11/7). Foto: uefa.com

apakabar.co.id, JAKARTA – Pelatih Inggris, Gareth Southgate tak menyangka Inggris bisa ke final Euro 2024.

Keberhasilan itu didapatkan usai mengalahkan Belanda 2-1 pada pertandingan semifinal di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (11/7) dini hari WIB.

Southgate mengaku bahagia dengan keberhasilan timnya. Apalagi, ia menilai pemainnya tampil luar biasa di pertandingan tersebut.

Pasalnya, The Three Lions sempat tertinggal lebih dulu dari Belanda usai sepakan keras Xavi Simon pada menit 7’ menembus gawang Inggris yang dijaga Jordan Pickford. 

Namun, Inggris berhasil menyamakan kedudukan setelah mendapatkan hadiah penalti pada menit 18’ usai Harry Kane dilanggar Denzel Dumfries. 

Harry Kane pun tak menyia-nyiakan kesempatannya itu. Sebagai eksekutor tendangan penalti, penyerang Bayern Munchen ini melakukan tugasnya dengan berhasil baik dan mengubah kedudukan menjadi 1-1. 

Kemenangan Inggris baru ditentukan pada di penghujung babak kedua. Pemain pengganti Ollie Watkins menjadi pahlawan The Three Lions usai mencetak gol pada menit 91’. 

Penyerang Inggris, Ollie Watkins usia mencetak gol ke gawang Belanda pada pertandingan semifinal Euro 2024, Kamis (11/7). Foto: uefa.com

Meski demikian Southgate menilai tim asuhannya tampil baik di sepanjang pertandingan tersebut.

“Kami harus beradaptasi sepanjang waktu dan para pemain melakukan begitu banyak keputusan bagus. Ini adalah akhir yang istimewa bagi para pemain dan penghargaan untuk apa yang telah mereka berikan,” kata Southgate dilansir UEFA.com. 

Selain itu, Southgate menilai pergantian pemain dari Harry Kane ke Ollie Watkins menjadi strategi yang paling tepat yang dia lakukan di pertandingan tersebut. 

“Kami mulai sedikit kehilangan tekanan, dan Harry agak cedera. Ollie dapat menekan dan berlari ke belakang (pertahanan lawan). Kami merasa inilah saat yang tepat untuk mencobanya. Saya sampai kehabisan nafas untuk melihat Ollie mendapatkan momennya,” ucap Southgate.

Bagi Inggris, ini merupakan final Euro kedua kalinya secara beruntun setelah sebelumnya juga dilakukannya pada 2020 lalu. 

Selanjutnya, Inggris akan bertanding melawan Spanyol pada laga final Euro 2024 di Olympiastadium, Berlin, pada Senin (15/7) pukul 02.00 WIB.

16 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *