Juara Euro 2024, Spanyol Ciptakan Sejarah Baru

Spanyol sukses menjuarai Euro 2024 usai mengalahkan Inggris 2-1 pada pertandingan final di Olympiastadium, Berlin, Senin (15/7). Foto: uefa.com

apakabar.co.id, JAKARTA – Spanyol sukses merebut gelar Euro 2024 usai menundukkan Inggris 2-1 pada partai final di Olympiastadium, Berlin, Senin (15/7) dini hari WIB.

Keberhasilan itu sekaligus membuat La Furia Roja menciptakan sejarah baru sebagai tim pertama yang merebut empat trofi di turnamen terbesar Eropa tersebut.

Di pertandingan itu, Spanyol berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat gol yang dicetak Nico Williams pada menit 47’ usai menerima umpan terobosan dari Lamine Yamal. 

Namun Inggris berhasil menyamakan kedudukan setelah tendangan Cole Palmer dari luar kotak penalti masuk mulus ke gawang Spanyol di menit 73’.

Pemain Spanyol, Mikel Oyarzabal usai mencetak gol ke gawang Inggris pada partai final Euro 2024 di Olympiastadium, Berlin, Senin (15/7). Foto: uefa.com

Kemenangan Spanyol berhasil dicetak oleh pemain pengganti Mikel Oyarzabal pada menit 85’. Ia menyontek bola hasil umpan silang mendatar dari Marc Cucurella. 

Dengan keberhasilan Ini, Spanyol berhasil menjuarai Euro untuk keempat kalinya setelah sebelumnya mereka menangkan pada edisi 1964, 2008 dan 2012. 

Bahkan, kesuksesan itu sekaligus membuat La Furia Roja menjadi pemegang trofi Euro terbanyak sepanjang sejarah, melewati Jerman yang memiliki tiga gelar.

Selain itu, Spanyol menjuarai Euro 2024 dengan catatan fenomenal yaitu selalu meraih kemenangan dalam tujuh pertandingan.

Bahkan, La Furia Roja menjadi negara Eropa pertama yang memenangkan tujuh pertandingan di sebuah turnamen internasional utama (Euro/Piala Dunia) dan menjadi negara kedua setelah Brasil menjuarai Piala Dunia 2002. 

Bahkan, Spanyol berhasil mencetak 15 gol di sepanjang Euro 2024, yang sekaligus merupakan jumlah terbanyak yang dicetak oleh satu negara dalam satu turnamen dalam sejarah turnamen terbesar benua biru tersebut.

Pemain Inggris, Jude Bellingham tampak kecewa usai timnya kalah dari Spanyol pada laga final Euro 2024 di Olympiastadium, Berlin, Senin (15/7). Foto: uefa.com

Sementara itu, hasil ini membuat Inggris membuat Inggris menjadi negara pertama dalam.sejarah Euro sebagai tim yang selalu kalah di final secara beruntun. 

Sebelumnya, The Three Lions juga kalah saat bertemu Italia lewat drama tendangan adu penalti pada Euro 2020.

64 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *