apakabar.co.id, SOLO – Komitmen mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terus diwujudkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo.
Melalui gelaran Bale Festival UMKM 2025 yang berlangsung selama dua hari, Sabtu–Minggu (23–24/8/2025), BTN Solo menghadirkan beragam kegiatan yang tidak hanya menghibur masyarakat, tetapi juga memberikan akses permodalan bagi UMKM.
Puncak acara pada Minggu (24/8) berlangsung meriah. Masyarakat tumpah ruah mengikuti zumba bersama, lomba mewarnai dengan 50 peserta anak-anak, hingga cooking class yang menghadirkan pengalaman langsung bagi pengunjung. Festival ditutup dengan pembagian doorprize yang semakin memeriahkan suasana.
Brand Manager BTN Kantor Cabang Solo, Anita Septi Purwarini, menegaskan bahwa festival ini bukan sekadar hiburan, melainkan wujud nyata sinergi perbankan dalam mendorong UMKM naik kelas.
“Serangkaian acara ini menjadi bentuk dukungan BTN untuk menguatkan UMKM agar semakin berdaya, bahkan ke depan bisa go internasional,” ujarnya.
Anita menambahkan bahwa pihaknya mendukung UMKM untuk bisa lebih diberdayakan lagi. Terutama dukungan untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
“KUR kalau total nasional itu sebesar Rp88 miliar, terdiri dari 546 nasabah kurang lebih. Kalau yang Solo sendiri kurang lebih Rp1 miliaran,” terangnya.
Anita melanjutkan bahwa ke depannya, BTN juga ingin lebih dapat berkoordinasi dan lebih bersinergi lagi. Baik dari dinas, ukm, umkm, dan juga koperasi.
“Kami ingin lebih bersinergi dengan dinas, UMKM, dan koperasi, termasuk dengan Pemkot Solo. Ke depan, pemberdayaan akan diperluas ke sektor batik, handicraft, dan usaha kreatif lainnya,” tambah Anita.
Selama ini, mayoritas KUR BTN Solo banyak tersalurkan pada sektor warung, penjahit, dan kuliner. Namun, ke depan, BTN menargetkan memperluas dukungan ke sektor-sektor lain yang memiliki potensi ekspor dan daya saing global.