apakabar.co.id, JAKARTA – Taiwan Tourism Administration semakin serius menggarap pasar pariwisata Indonesia. Hal ini ditandai dengan dibukanya Taiwan Travel Fair 2025 di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (22/8), mengusung slogan baru “Taiwan, Waves of Wonder”.
Acara ini menjadi langkah strategis Taiwan dalam membidik pasar wisatawan Indonesia, khususnya dari kalangan generasi muda.
Dengan jumlah populasi muda yang besar, mobilitas tinggi, serta tren perjalanan ke luar negeri yang terus meningkat, Indonesia dipandang sebagai salah satu pasar paling potensial di Asia Tenggara.
Deputy Representative Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Indonesia, Trust Lin, Ph.D, menyebut Indonesia sebagai salah satu pasar paling potensial di Asia Tenggara.
“Indonesia memiliki jumlah penduduk muda yang sangat besar dengan kecenderungan menjelajah ke luar negeri. Mereka adalah penggerak utama pasar pariwisata masa depan, dan Taiwan berkomitmen menghadirkan pengalaman sesuai gaya hidup mereka,” ujarnya saat pembukaan Taiwan Travel Fair 2025.
Sejalan dengan kebutuhan pasar Indonesia, Taiwan juga terus memperkuat posisinya sebagai salah satu dari tiga destinasi ramah Muslim terbaik di dunia.
Berbagai fasilitas ibadah tersedia di lokasi wisata, restoran dan hotel bersertifikasi halal semakin diperluas, serta panduan wisata berbahasa Indonesia disiapkan untuk memberikan kenyamanan.
“Bagi wisatawan muda asal Indonesia, keamanan, kenyamanan, dan akses layanan halal adalah prioritas. Taiwan berupaya memastikan mereka dapat berwisata dengan tenang sekaligus menikmati keberagaman budaya, kuliner, dan alam Taiwan,” tambah Trust Lin.

Destinasi Populer dan Tren Baru
Menjawab kebutuhan wisata generasi muda yang lekat dengan media sosial, Taiwan menonjolkan destinasi-destinasi dengan daya tarik visual yang kuat. Selain itu, setiap musim di Taiwan memiliki pesona wisata berbeda yang siap dieksplorasi.
Director Taiwan Tourism Information Center (TTIC) di Jakarta, Abe Chou, menjelaskan bahwa wisatawan muda Indonesia cenderung mencari pengalaman baru yang otentik.
“Karena itu, kami menghadirkan beragam paket perjalanan agar mereka dapat menjelajah lebih luas,” katanya.
Salah satu daya tarik baru yang diperkenalkan adalah Kereta Mewah Haifeng, yang diluncurkan awal 2025 oleh Taiwan Railways.
Kereta ini menawarkan pengalaman liburan unik di sepanjang pantai timur laut Taiwan, lengkap dengan hidangan bersertifikasi Michelin Star.
“Kami ingin wisatawan dari Indonesia dan mancanegara merasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan,” ujar Abe.
Replika Kereta Haifeng turut dipamerkan di Taiwan Travel Fair 2025 di Central Park. “Dengan replika Kereta Haifeng ini, masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, bisa merasakan kemewahan yang ditawarkan kereta tersebut,” tambahnya.
Promo dan Penampilan Spesial
Selain memperkenalkan destinasi, Taiwan Travel Fair 2025 juga menawarkan berbagai promo menarik mulai dari tiket pesawat, paket tur, atraksi wisata, hingga kuliner khas Taiwan.
Acara ini turut dimeriahkan oleh Taiwan Tourism Ambassador di Indonesia, Mikha Tambayong, bersama sejumlah influencer populer seperti Stefanny Margaretha, Chef Juna, Turah, dan Sadam.
“Taiwan Travel Fair 2025 diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan hingga 10% pada tahun 2026,” tutup Abe.