Pengakuan 5 Pembunuh Vina: Pegi Tak Terlibat

Pegi Setiawan alias Perong berusaha berbicara saat konferensi pers perkembangan kasus Vina Cirebon di Polda Jawa Barat, Minggu (26/5) tadi. Foto: Tangkap Layar YouTube

apakabar.co.id, JAKARTA – Lima dari enam terpidana pembunuh Vina dan kekasihnya, Eky menyatakan Pegi Setiawan bukan bagian dari pelaku. Demikian dinyatakan Hotman Paris.

Hotman mengatakan hal itu disampaikan para terpidana dalam berita acara pemeriksaan (BAP) yang dilakukan baru-baru ini.

“Karena ternyata sebelum Pegi ditetapkan sebagai pelaku DPO yang tertangkap sudah di-BAP enam terpidana dan lima menyatakan bukan Pegi pelakunya, hanya satu yang mengatakan Pegi pelaku,” ujar pengacara keluarga Vina itu ditemui di Kelapa Gading Jakarta Utara, Rabu (29/5).

Keluarga Vina menyatakan seharusnya kepolisian melakukan penyidikan secara menyeluruh. Itu sebelum menetapkan Pegi sebagai tersangka secara terburu buru seperti yang dilakukan saat ini.

“Dari keluarga korban mengatakan mohon agar benar-benar diteliti ulang sikap kepolisian yang menetapkan Pegi sebagai pelaku DPO yang tertangkap belum terpenuhi alat bukti yang lengkap,” ujarnya.

Kuasa hukum keluarga Vina, Hotman Paris menilai tindakan Polda Jabar menghapus 2 orang dalam DPO kurang cermat. Foto: apakabar.co.id/Andrew Tito

Diketahui dalam kasus ini Polda Jawa Barat menangkap Pegi Setiawan alias Perong alias Robi Irawan. Itu setelah pencarian selama delapan tahun dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky.

Pelaku yang diketahui nama Pegi ini diyakini menjadi salah satu pelaku utama dalam kasus ini dan telah ditetapkan sebagai tersangka dan terancam hukuman mati.

Ia dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP, dan Pasal 81 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Saat dihadiri dalam rilis kasus di Mapolda Jawa Barat, Pegi juga membantah terlibat dalam pembunuhan Vina dan mengaku sama sekali tidak mengetahui peristiwa itu.

Ibu Pegi, Kartini juga yakin bahwa polisi salah tangkap. Menurut Kartini, Pegi berada di Bandung pada saat kejadian.

37 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Fahriadi Nur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *