apakabar.co.id, JAKARTA – Setelah resmi meluncur pada GIIAS 2024, Juli lalu, Mitsubishi All New Triton langsung diuji di habitat aslinya, yakni medan off-road yang menantang.
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menguji ketangguhan dan keandalan dari truk pick-up legendaris yang telah menemani konsumen selama 20 tahun, tepatnya pada 2002.
Mobil niaga ringan yang telah hadir lebih dari 40 tahun di pasar global ini, mengajak jurnalis menjajal trek di medan off-road area perbukitan Sentul, Bogor, Jawa Barat.
MMKSI menyediakan total 12 unit All New Triton yang terdiri dari varian tertinggi Ultimate transmisi otomatis, serta varian GLS dan HDX transmisi manual.
Dari 12 unit itu, 9 unit dialokasikan untuk uji coba, sementara 3 unit lainnya dipajang untuk keperluan ulasan statis dan eksplorasi yang lebih optimal.
“All New Triton hadir dengan peningkatan signifikan dan melampaui sebuah mobil, yang tak hanya mendukung bisnis, tapi juga menemani petualangan hidup pelanggan untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan hidup mereka,” ucap Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita dalam siaran persnya, Senin (9/9).
Dalam kegiatan pengujian, selain melihat langsung ubahan desain eksterior dan interior, mobil ini akan melintasi rute off-road sepanjang 650 meter.
Triton teranyar diuji melewati berbagai jenis jalur dan kontur untuk memberikan pengalaman yang lebih kaya, dan memaksimalkan fitur unggulan yang disematkan.
Mobil diajak menjajal jalur off-road datar, trek berlumpur, trek menanjak dan menurun, trek dengan banyak gundukan, trek dengan medan yang tidak rata, hingga side ramp/ trek miring.
Sebelum berkendara, peserta juga diberikan bekal berupa informasi produk, pedoman berkendara yang aman dan efektif, serta didampingi oleh instruktur bersertifikat.
Sebelumnya, pada 7-8 September 2024, MMKSI juga mengundang 150 pelanggan fleet yang berasal dari berbagai latar belakang usaha dan bisnis untuk mengeksplor dan menjajal Mitsubishi All New Triton.
Maksimalkan Fitur Mitsubishi All New Triton
Pada sesi pengujian, fitur-fitur yang ada pada All New Triton dimaksimalkan dengan semua alur yang ada.
Mulai dari jalur off-road datar, mesin baru Triton teranyar ini terbukti lebih bertenaga, dengan torsi yang melebihi pada putaran awal.
Pada varian Ultimate, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan Super Select-II yang memiliki 7 drive mode dengan selector dial pada kecepatan di bawah 100 km/jam.
Sedangkan pada varian lainnya, mode penggerak roda dapat dioperasikan dengan sistem tuas yang lebih disukai untuk mobil operasional penunjang bisnis, dengan pilihan drive mode yang sama, yaitu: 2WD (2H) hingga 4WD (4H, 4L).
Selanjutnya, Triton terbaru ini diuji pada trek dengan jalan yang tidak rata dan banyak gundukan, di mana kecepatan yang disarankan adalah 10-20 km/jam.
Karakter kokoh dari Mitsubishi All New Triton dapat dirasakan berkat improvement pada rangka sasis, yang meningkatkan kekuatan, durabilitas, dan keamanan kendaraan.
Terlebih dengan luas penampang chassis yang 65 persen lebih besar dibandingkan model sebelumnya.
Pengujian juga dengan melihat ketinggian ground clearance Mitsubishi All New Triton yang mencapai 222 mm, sangat membantu dalam mengemudi di medan off-road.
Selain itu, improvement pada sistem suspensi meningkatkan stabilitas berkendara dan memperbaiki performa secara keseluruhan.
Di sepanjang trek, terdapat berbagai rintangan, termasuk genangan lumpur dan side ramp dengan trek permukaan miring.
Genangan lumpur memiliki panjang sekitar 3 meter dengan kedalaman berkisar antara 10-30 cm.
Untuk menavigasi area berlumpur ini dengan efektif, pengemudi dapat memanfaatkan fitur drive mode ‘Mud’ (vstian Exceed dan Ultimate).
Ditambah fitur Real Differential Lock, untuk membantu mempertahankan traksi saat ban tergelincir di kontur jalan yang tidak rata dan licin.
Rute dilanjutkan dengan trek kontur menurun dan menanjak, dengan kecepatan yang disarankan hanya berkisar 10-20 km/jam.
All New Triton menawarkan beberapa keunggulan untuk mengemudi menanjak, termasuk Hill Start Assist (HSA), Approach and Departure Angle yang lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya, serta torsi dan daya yang superior.
Pada trek menurun, agar lebih otpimal, penggunaan Engine Break dibutuhkan untuk menambah rasa aman, keselamatan, dan kenyamanan bagi pengendara.
Kemudian, hadirnya fitur Active Stability and Traction Control (ASTC) juga memberikan stabilitas di berbagai medan dan kondisi jalan.
Dengan pengujian tersebut, semakin membuktikan keandalan dan kualitas terbaik yang tertanam pada Triton, dan hingga saat ini Trito. telah menerima 26 penghargaan bergengsi.