OTOTEKNO

Hino Buka Training Center di Semarang, Perkuat Kompetensi Mekanik dan Layanan Pelanggan

Hino Buka Training Center di Semarang, Perkuat Kompetensi Mekanik dan Layanan Pelanggan. Foto: dok. HMSI
Hino Buka Training Center di Semarang, Perkuat Kompetensi Mekanik dan Layanan Pelanggan. Foto: dok. HMSI
apakabar.co.id, JAKARTA - Upaya meningkatkan kualitas layanan purna jual terus dilakukan Hino di Jawa Tengah.

PT Duta Cemerlang Motors (DCM), dealer resmi Hino, kini resmi mengoperasikan Duta Hino Training Center di Semarang.

Pusat pelatihan ini telah mendapatkan sertifikasi dari PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pusat pelatihan Hino Quality Service (HQS) untuk level mekanik junior.

Berlokasi di Jalan Raya Kaligawe, Semarang, fasilitas ini menjadi pusat pelatihan terpadu dengan standar Hino Indonesia Academy.

Di dalamnya tersedia tiga ruang kelas berkapasitas total 24 peserta serta berbagai peralatan diagnostik dan tools berstandar Hino.

DCM menargetkan pelatihan 150–300 SDM per tahun, mencakup mekanik, staf layanan, hingga tenaga penjualan.

Direktur Utama PT DCM, Chris Hemasurya, menyampaikan bahwa kehadiran training center ini menjadi langkah penting dalam menjaga kualitas layanan di seluruh jaringan Duta Hino.

“Konsistensi dalam kompetensi SDM menjadi faktor utama dalam memberikan layanan cepat dan presisi kepada pelanggan,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/11).

Tak hanya untuk internal, fasilitas pelatihan ini juga dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan.

Ke depan, berbagai program seperti pelatihan pengemudi (eco-driving, pemeriksaan harian, dan defensive driving).

Lokasi ini juga akan ada training mekanik pelanggan (perawatan dasar hingga troubleshooting).

Nantinya juga ada pelatihan staf gudang (manajemen suku cadang dan tata kelola parts) akan mulai dibuka.

Dengan lebih dari 3.000 unit Hino yang beroperasi di Jawa Tengah, kehadiran SDM bersertifikasi dinilai krusial untuk menjaga performa armada pelanggan tetap optimal dan mengurangi downtime.

Training center ini juga akan menjadi pusat pembaruan informasi teknologi dan penanganan keluhan pelanggan sesuai standar Hino.

Marketing Director HMSI, Tomoki Hattori, menegaskan bahwa fasilitas ini merupakan implementasi nyata filosofi Total Support yang berfokus pada pengembangan kualitas manusia.

“Kami berharap Duta Hino Training Center mampu menciptakan standar layanan baru bagi pelanggan Hino di Jawa Tengah,” jelasnya.