Ahok Dukung Ganjar-Mahfud, Berpeluang Gagalkan Pilpres Satu Putaran

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Foto: Antara

apakabar.co.id, JAKARTA – Pakar politik sekaligus guru besar ilmu politik Universitas Padjajaran (Unpad), Muradi menilai merapatnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ke Ganjar-Mahfud dapat berpeluang menggagalkan wacana Pilpres satu putaran yang digelorakan paslon nomor urut 02.

Pasalnya, afiliasi pendukung Ahok tidak dapat dipisahkan dengan Presiden Joko Widodo yang secara tidak langsung menunjukan keberpihakan ke paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran.

“Semula mereka masih ragu ingin mendukung 02 atau 03, sebab Ahokers ini juga pendukung Pak Jokowi pada Pemilu 2019. Dengan Ahok ke 03, pendukung Pak Jokowi juga berkurang karena Ahokers ke 03,” katanya melalui keterangan resmi, dikutip Minggu (11/2).

Kondisi saat ini, kata Muradi, tengah terjadi pemisahan pendukung Ahok dari pendukung Jokowi karena dinamika politik belakangan ini.

“Ditambah dengan adanya Ahok, saya kira buat pasangan 03 itu jadi positif,” ujarnya.

Beberapa jam sebelum debat terakhir Pilpres 2024, Ahok mengumpulkan para pendukungnya di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud), Jakarta, Minggu (4/2).

Bersama sekitar 2.000 pendukung Ahok alias Ahokers yang hadir, Ahok mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Ganjar-Mahfud.

Ahok sebenarnya sudah menyatakan dukungan terhadap Ganjar sejak Oktober lalu. Ahok tak mau aktif berkampanye, lantaran masih memegang jabatan sebagai Komisaris Utama PT Pertamina.

Pekan lalu, Ahok memutuskan mundur dari jabatan di Pertamina supaya bisa aktif mempromosikan Ganjar-Mahfud.

8 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Bethriq Kindy Arrazy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *