Aktivitas Penjualan Hewan Kurban di Cianjur Meningkat

Aktivitas penjualan hewan kurban seperti kambing dan domba di pasar hewan yang berada di Jalan Siliwangi, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami peningkatan. Foto: apakabar.co.id/ Riski Maulana

apakabar.co.id, CIANJUR – Aktivitas penjualan hewan kurban seperti kambing dan domba di pasar hewan yang berada di Jalan Siliwangi, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mengalami peningkatan sejak Rabu (22/5).

Selain warga lokal, pembeli kurban juga datang dari luar daerah. Mereka sengaja datang ke Pasar Hewan Cianjur untuk membeli hewan kurban karena kualitasnya yang sangat baik.

Kepada apakabar.co.id, pedagang di Pasar Hewan Cianjur, Amun (60) menuturkan, penjualan hewan kurban seperti kambing dan domba dibandrol dengan harga mulai dari Rp2,5 juta hingga Rp6 juta rupiah. Khusus tahun ini, penjualan hewan kurban mengalami peningkatan hingga 80 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sekarang sudah ada peningkatan dari hari kemaren. Kalau kemaren penuh, tapi kalau sekarang agak kurang, karena banyak yang beli,” tuturnya, kamis (23/5).

Menurut Amun, para pembeli yang datang dari luar daerah, kebanyakan berasal dari wilayah Serang, Pandeglang, Jonggol, dan Karawang. Selain itu, tak sedikit pembeli yang datang dari Bandung dan Sukabumi.

Hingga hari ini, pembelian hewan kurban yang paling banyak laku merupakan hewan dengan kisaran harga antara Rp2.5 juta hingga Rp4 juta .

“Sekarang mulai ada peningkatan. Jenis harga yang paling rame dari harga 2,5 sampai empat juta yang paling rame,” jelasnya

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, penjualan akan mengalami peningkatan sebesar 90 persen pada saat seminggu menjelang pelaksanaan Iduladha. Di saat itu, biasanya harga sudah cenderung stabil seiring kebutuhan yang meningkat.

Selain harga yang kompetitif, kualitgas hewan kurban yang ditawarkan cukup baik. Hal itu diamini Deni (40), pembeli asal Tangerang. Menurutnya, kualitas hewan di Pasar Hewan Cianjur sangat bagus dan harganya bersaing dengan harga hewan kurban di daerah lain, meskipun saat ini mengalami kenaikan.

“Domba kurbannya kualitasnya bagus. Sering tiap tahun saya beli kesini, ini yang ketiga kalinya. Untuk harganya relatif lah kalau di cianjur terjangkau beda ama pasar-pasar lain. Ini saya beli 3,5 juta,” terangnya.

3,248 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *