OTOTEKNO

Cara Wuling Jaga Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan

Cara Wuling Jaga Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan. Foto: dok. Wuling
Cara Wuling Jaga Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan. Foto: dok. Wuling
apakabar.co.id, JAKARTA - Wuling Motors menggelar Aftersales Skill Contest 2025 mengusung tema ‘Worry Free: Fix it First Time’ di pabrik mereka di Cikarang, Minggu (9/11).

Kompetisi tahunan ini digelar juga dilanjutkan dengan malam penghargaan di Harper Hall Cikarang.

Kontes layanan purna jual ini hadir untuk memberikan ketenangan dan rasa aman bagi pelanggan melalui layanan yang berkualitas, cepat, dan penuh kepedulian.

Vice President Wuling Motors, Arif Pramadana menegaskan bahwa digelarnya ajang ini adalah untuk menunjukkan arah besar Wuling dalam mewujudkan layanan purna jual yang terpercaya, efisien, dan konsisten.

“Kami percaya, sinergi antara tim manufaktur dan layanan purna jual merupakan kunci dalam memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik,” kata Arif dalam keterangan resminya, Minggu (9/11).

Wuling Aftersales Skill Contest 2025 merupakan kompetisi dan pembelajaran bagi tenaga aftersales di seluruh diler Indonesia.

Tahun ini, tercatat ada 228 peserta yang berpartisipasi dari berbagai wilayah dalam 4 kategori kelas yakni Service Advisor, Customer Care Officer, Technician untuk ICE, dan Technician untuk EV.

Kompetisi dimulai sejak Mei 2025, melalui tahap seleksi pra-kualifikasi nasional berbasis sistem pelatihan daring.

Peserta kemudian mengikuti dua tahap seleksi nasional yang mencakup ujian teori dan studi kasus teknis.

Di tahap ini, 90 peserta dengan nilai tertinggi melaju ke seleksi nasional tahap kedua yang dilakukan secara daring.

Dari hasil penilaian, 60 peserta terbaik terpilih untuk melanjutkan ke tahap Dealer Group Selection.

Pada tahap Dealer Group Selection, setiap diler akan melakukan training camp untuk meningkatkan kompetensi teknis dan pelayanan peserta.

Di tahap ini, 30 peserta terbaik akan melaju ke Final Contest yang digelar secara langsung di pabrik Wuling di Cikarang.

Dalam babak final ini, para finalis diuji melalui simulasi kerja nyata dan role play.

Ini mencakup penanganan masalah pelanggan untuk Service Advisor dan Customer Care Officer.

Termasuk wawancara layanan pelanggan, serta uji teknis kendaraan ICE dan EV bagi teknisi.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Wuling menetapkan 12 pemenang nasional, terdiri dari tiga pemenang di masing-masing kategori Service Advisor, Customer Care Officer, ICE Technician, dan EV Technician.

Aftersales Director Wuling Motors, Maulana Hakim dalam awarding night mengatakan “mAftersales Skill Contest jadi bentuk nyata komitmen dalam mengasah kemampuan dan menanamkan budaya kerja berorientasi pada kepuasan pelanggan.

“Kami ingin memastikan bahwa pelayanan yang diberikan tidak hanya cepat, tetapi juga tepat dan penuh tanggung jawab,” tuturnya.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2018, Aftersales Skill Contest telah menjadi bagian penting dari perjalanan Wuling di Indonesia.

Kompetisi ini awalnya diselenggarakan bersama Sales Contest pada tahun 2018 dan 2019.

Setelah sempat terhenti selama periode 2020-2023 akibat pandemi, ajang ini kembali diadakan pada 2024.

Tahun 2025 menandai langkah lanjutan Wuling dalam memperkuat standar pelatihan dan kompetensi layanan purna jual secara nasional.

Selain itu sekaligus menunjukkan kesinambungan upaya perusahaan dalam menjaga kepuasan pelanggan melalui tenaga aftersales yang profesional dan andal.

Dalam kontes ini, para pemenang dinilai berdasarkan kompetensi teknis, kemampuan komunikasi, dan penerapan nilai layanan worry free sesuai standar Wuling. 

Berikut Daftar 12 Pemenang Wuling Aftersales Skill Contest 2025 ‘Worry Free: Fix It First Time’

Best Customer Care Officer

Gold Champion – Dea Tauladani Putri (Wuling Arista Bogor)

Silver Champion – Milawati (Wuling Arista Sidoarjo)

Bronze Champion – Dwi Gustini Wati (Wuling Arista Cirebon)

Best ICE Technician

Gold Champion – Indra Lesmana (Wuling Arista Bandung PH Mustofa)

Silver Champion – Aris Wahono (Wuling Perdana Kediri)

Bronze Champion – Habib Murtadho (Wuling Arista Jemursari)

Best EV Technician

Gold Champion – Wisnu Adriyan (Wuling AJM Yogyakarta)

Silver Champion – Aldi Vebriansyah (Wuling Arista Cirebon)

Bronze Champion – Indra Lesmana (Wuling Arista Bandung PH Mustofa)

Best Service Advisor

Gold Champion – Deni Prayogi (Wuling Arista Cengkareng)

Silver Champion – M. Safi’i (Wuling BLSS Basuki Rahmat) 

Bronze Champion – Rizky Rifal Ardiansyah (Wuling AJM Tegal)